Kedubes Iran Kecam Serangan Israel ke Konsulat, Tindakan Mengerikan yang Melanggar Hukum Internasional

Kedubes Iran Kecam Serangan Israel ke Konsulat, Tindakan Mengerikan yang Melanggar Hukum Internasional

Konsulat Jenderal Iran di Damaskus-Hancur diserang Israel-Aljazeera

JAKARTA, DISWAY.ID - Kedutaan Besar Republik Islam Iran di Jakarta mengecam tindakan Israel yang melancarkan serangan udara terhadap Konsulat Jenderal Iran di Damaskus, Suriah, Senin 1 April 2024.

“Kedutaan Besar Republik Islam Iran di Jakarta dengan ini menyampaikan kecaman kerasnya atas serangan yang tidak beralasan dan melanggar hukum terhadap fasilitas konsulat kami di Damaskus yang dilakukan oleh pasukan Israel,” tegas Kedubes Iran kepada Disway. 

Pihak Kedubes menegaskan ini merupakan tindakan yang melanggar hukum internasional. 

BACA JUGA:Penasehat Milter dan Komandan Senior Iran Tewas Dibom Israel di Suriah, Hizbullah: Kami Tidak Akan Diam

“Tindakan mengerikan ini merupakan pelanggaran yang jelas dan serius terhadap hukum internasional, termasuk Konvensi Wina tentang Hubungan Diplomatik tahun 1961,” ujar ucapan resmi tersebut. 

Pihak Kedubes Iran melanjutkan, serangan terhadap misi diplomatik tidak hanya merusak keselamatan dan keamanan personel diplomatik tetapi juga bertentangan dengan prinsip kedaulatan dan non-intervensi yang merupakan landasan hubungan internasional dan diplomasi.

“Komunitas internasional, bersama dengan PBB, harus mengutuk pelanggaran ini dan mengambil langkah tegas untuk mengatasi dan memperbaiki pelanggaran ini. Sangat penting bagi pihak yang melakukan penyerangan untuk bertanggung jawab penuh atas tindakannya, yang secara terang-terangan telah mengabaikan norma dan konvensi yang mengatur interaksi antar negara secara damai dan beradab,” tegas pihak Kedubes Iran.

BACA JUGA:Aliran Dana ke Sandra Dewi Atas Kasus Korupsi Timah dari Suaminya Harvey Moeis Diungkap Kejaksaan

Republik Islam Iran mempunyai hak yang tidak dapat dicabut untuk melakukan semua tindakan yang diperlukan untuk melindungi kepentingannya dan menjamin keamanan misi diplomatiknya di seluruh dunia. 

“Kami akan mempertimbangkan tanggapan yang proporsional terhadap tindakan pelanggaran ini untuk mencegah terulangnya pelanggaran tercela tersebut. Iran berhak mengambil tindakan balasan terhadap serangan tersebut dan akan memutuskan bagaimana menghukum penyerangnya,” tegas pernyataan resmi. 

Kedutaan Besar mendesak komunitas global untuk menegaskan kembali komitmennya terhadap kesucian misi diplomatik dan prinsip-prinsip hukum internasional. 

BACA JUGA:PM Israel, Benjamin Netanyahu Jalani Operasi Hernia di Tengah Demo Massal, Kenali Gejala dan Jenisnya

“Kami menyerukan solidaritas dalam menolak segala bentuk agresi terhadap fasilitas dan personel diplomatik, yang penting bagi pemeliharaan perdamaian dan keamanan internasional,” katanya.

Republik Islam Iran tetap berkomitmen untuk menyelidiki semua aspek dari insiden ini dan memastikan keadilan ditegakkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: