Korps Garda Revolusi Iran Sita Kapal Kontainer Israel di Selat Hormuz, Setelah Ancam Tutup Jalur Laut

Korps Garda Revolusi Iran Sita Kapal Kontainer Israel di Selat Hormuz, Setelah Ancam Tutup Jalur Laut

Korps Garda Revolusi Iran Sita Kapal Kontainer Terkait dengan Israel di Selat Hormuz-Screenshoot/YouTube-

JAKARTA, DISWAY.ID - Pasukan khusus Angkatan Laut dari Korps Garda Revolusi Iran (IRGC), menyita sebuah kapal kontainer di dekat Selat Hormuz, jalur pelayaran utama ke Teluk Persia, kantor berita pemerintah IRNA melaporkan pada hari Sabtu, 13 April 2024.

Korps Garda Revolusi Iran menggunakan helikopter untuk menaiki dan menyita kapal kontainer, dan Kapal yang bernama MSC Aries kemudian dipindahkan ke perairan teritorial Iran. 

Video di jaringan berita milik negara, Press TV, menunjukkan kapal orang-orang menggunakan tali untuk turun ke. 

BACA JUGA: Kembar Siam Tertua di Dunia Meninggal di Usia 62 Tahun

BACA JUGA: Horor! Penikaman Massal di Keramaian Sebuah Mal Sydney, Termasuk Korban Seorang Ibu dan Bayinya

Tindakan tersebut dapat meningkatkan ketegangan di wilayah yang belum pulih dari perang di Gaza, dan serangan baru ini, yang diduga dilakukan oleh Israel, yang mengancam pejabat senior militer Iran. 

Sejak serangan teror mematikan Hamas pada 7 Oktober dan penyanderaan massal serta serangan besar-besaran Israel di Jalur Gaza, lebih dari 33.000 orang tewas dan 75.000 lainnya terluka.

Serangan militan Houthi yang didukung Iran terhadap kapal-kapal di Laut Merah telah mengejutkan perdagangan global karena beberapa perusahaan pelayaran besar dan pengangkut minyak menghentikan layanan mereka melalui jalur udara tersebut.

Ketika perusahaan menghindari Terusan Suez, yang mengalir ke Laut Merah, dan memilih untuk menjelajahi Afrika untuk sampai ke Samudera Hindia, rute pelayaran dapat memakan waktu hingga 14 hari.

BACA JUGA: Biden Yakin Iran Bakal Menyerang Lebih Cepat: Kami Siap Membela Israel

BACA JUGA: Prancis Siaga Perang Melawan Rusia, Begini Persiapannya

Sehingga menimbulkan biaya bahan bakar yang lebih tinggi. Dan karena kapal memerlukan waktu lebih lama untuk mencapai tujuannya, keterlambatan pengiriman peti kemas dan komoditas tidak dapat dihindari.

IRNA menyatakan, kapal berbendera Portugis itu dioperasikan oleh perusahaan pelayaran Zodiac yang merupakan bagian dari Zodiac Group milik miliarder Israel Eyal Ofer. 

Zodiac mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kapal tersebut dikelola dan dioperasikan oleh perusahaan pelayaran yang berbasis di Inggris, MSC, yang dikonfirmasi pada hari Sabtu bahwa MSC Aries telah “dinaiki oleh pihak yang berwenang Iran melalui helikopter.” 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: