10 Kampus Terbaik Jurusan Hubungan Internasional di Indonesia Versi EduRank 2024

10 Kampus Terbaik Jurusan Hubungan Internasional di Indonesia Versi EduRank 2024

10 Kampus Terbaik di Indonesia Jurusan HI-Versi EduRank menempatkan UI di posisi puncak-Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Kampus terbaik jurusan hubungan internasional di Indonesia terdiri dari berbagai perguruan tinggi. 

Pemeringkatan berdasarkan EduRank 2024 memperlihatkan 10 kampus terbaik baik itu PTN maupun PTS yang dapat menjadi rekomendasi pilihan jurusan hubungan internasional. 

Jurusan hubungan internasional belajar berbagai hal tentang wawasan internasional.

BACA JUGA:Pendaftaran UM-PTKIN 2024 Dibuka, Yuk Pilih 59 Kampus Terbaik Favoritmu

Dikutip dari laman resmi LSPR, Jurusan Hubungan Internasional adalah salah satu jurusan di perguruan tinggi yang mengkaji tentang hubungan internasional antar negara. Jurusan ini mempelajari dinamika politik, ekonomi, dan sosial budaya antarnegara, serta mencari solusi dalam mengatasi permasalahan global. 

Prospek kerja tertinggi jurusan hubungan internasional, menjadi perwakilan bangsa Indonesia di negara lain misalnya diplomat. 

Bisa juga menjadi jurnalis, karena selama perkuliahan mempelajari berbagai macam isu nasional maupun internasional, maka menjadi jurnalis dapat menjadi pilihan.

EduRank merupakan pemeringkatan berbasis data dan ilmiah. 

BACA JUGA:Daftar 20 Perguruan Tinggi Terbaik di Indoenesia Versi EduRank 2023, Kampus Kamu Ada?

Dikutip dari laman resmi EduRank, skor akhir pemeringkatan keseluruhan EduRank terdiri dari 3 bagian:

1. 45% Kinerja penelitian

Edurank menggunakan database OpenAlex sebagai proxy untuk mengambil publikasi ilmiah dan hubungan di antara mereka (kutipan). Daripada hanya meringkasnya, kami membuat grafik dengan publikasi sebagai node dan kutipan sebagai tepi untuk menghitung bobot setiap publikasi. Kemudian kami menyesuaikan bobot tersebut dengan tanggal publikasi dan jumlah perwakilan universitas dalam daftar penulis.

2. 45% Keunggulan non-akademik

EduRank menggunakan pendekatan yang sama yang digunakan Google dan mesin pencari modern lainnya untuk menghitung reputasi setiap halaman web - tautan balik ke universitas dari situs lain. Kami menggunakan data dari Ahrefs sebagai sumber dengan indeks halaman dan tautan terbesar yang tersedia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: