Tata Cara dan Niat Puasa Arafah 2024 Idul Adha 1445 H Berikut Keutamaannya, Terbebas dari Siksa Neraka hingga Dihapuskan Dosa 2 Tahun

Tata Cara dan Niat Puasa Arafah 2024 Idul Adha 1445 H Berikut Keutamaannya, Terbebas dari Siksa Neraka hingga Dihapuskan Dosa 2 Tahun

Tata cara dan niat puasa Arafah 2024 di Idul Adha 1445 H lengkap dengan keutamaannya.--Freepik

2. Doa Paling Baik

Saat hari Arafah doa di waktu tersebut menjadi doa yang paling baik.

BACA JUGA:Resep Sate Kambing Empuk dan Tidak Bau untuk Idul Adha, Cuma Perlu Nanas

BACA JUGA:Kapan Libur Idul Adha 2024? Cek Tanggalnya di Sini

Dari hadist Riwayat Tirmidzi Rasulullah saw bersabda;

خَيْرُ الدُّعَاءِ دُعَاءُ يَوْمِ عَرَفَةَ وَخَيْرُ مَا قُلْتُ أَنَا وَالنَّبِيُّوْنَ مِنْ قَبْلِي لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ.

Artinya: "Sebaik-baik doa adalah doa pada hari Arafah. Dan, sebaik- baik yang kuucapkan, begitu pula diucapkan oleh para Nabi sebelumku adalah ucapan, 'La ilaha illallah wahdahu la syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wahuwa ʻala kulli sya-in qadir' (Tidak ada sesembahan yang berhak disembah, kecuali Allah semata; tidak ada sekutu bagi-Nya. Miliki-Nya segala kerajaan, segala pujian dan Allah yang menguasai segala sesuatu)." (HR. Tirmidzi).

3. Dihapuskan Dosa 2 Tahun

Bagi umat muslim yang mengerjakan puasa Arafah, maka akan dihapuskan dosa setahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang.

BACA JUGA:Kesehatan 1.859 Hewan Kurban di Jakarta Diperiksa Jelang Idul Adha 2024, Ini Hasilnya

BACA JUGA:Resep Gulai Kambing Empuk, Persiapan untuk Idul Adha

Dalam beberapa hadist Rasulullah saw mengatakan diampuni dosanya setahun lalu dan setahun kemudian bagi umatnya yang menunaikan puasa Arafah.

وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ فَقَالَ: يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ.

Artinya: "Dan beliau (Rasulullah) ditanya mengenai puasa pada hari Arafah, maka beliau menjawab, 'Dia menghapuskan (dosa) setahun yang lalu dan setahun yang akan datang." (HR. Muslim).

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنَّهُ يُكَفِّرُ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِي بَعْدَهُ.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: