Jaga Kesehatan Jemaah Haji, Kemenag: Gak Mesti ke Masjidil Haram, Salat di Semua Tanah Haram Pahalanya Sama!

Jaga Kesehatan Jemaah Haji, Kemenag: Gak Mesti ke Masjidil Haram, Salat di Semua Tanah Haram Pahalanya Sama!

Pemerintah mengimbau para jemaah haji terutama jemaah lansia untuk tetap menjaga kesehatan dan stamina pada musim haji 2024--freepik

BACA JUGA:Garuda Delay di Pekan Pertama Angkut Jemaah Haji, Kemenag Layangkan Surat Teguran

BACA JUGA:Kemenkes Bentuk Tim Sanitasi dan Keamanan Pangan Jemaah Haji

Selain itu, pesan Widi, jemaah agar membatasi ibadah umrah dan sunnah berulang dan berziarah ke lokasi yang letaknya jauh dari hotel. Aktivitas ibadah sunnah yang berlebihan berpotensi jemaah akan kelelahan. 

“Persiapkan stamina tubuh sebaik mungkin untuk puncak haji nanti,” pesannya.

Ia mengingatkan, agar jemaah ketika ke Masjidil Haram atau berpergian ke luar hotel melengkapi diri dengan alat pelindung diri berupa payung atau topi lebar untuk menghindari sengatan terik matahari.

“Selalu membawa dokumen penting berupa paspor dan dokumen penting lainnya, serta membawa kantong sandal dan dibawa saat ibadah di masjid,” ujar Widi.

“Jangan meletakkan sandal di sembarang tempat di masjid, karena berpotensi hilang dan lupa. Berjalan tanpa alas kaki atau sandal berisiko kaki melepuh terutama di lantai luar masjid dan terminal bus,” tandasnya.

“Selalu mengenakan identitas pengenal berupa gelang dan smart card, tetap berkelompok dan jangan memisahkan diri untuk menghindari tersesat di masjid atau terminal bus. Jangan sungkan meminta bantuan petugas yang ada di area Masjidil Haram dan terminal,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: