WEC Fuji: Pole Position Perdana Cadillac, Tantangan Berat Sean Gelael

WEC Fuji: Pole Position Perdana Cadillac, Tantangan Berat Sean Gelael

Pembalap Cadillac Alex Lynn merebut pole position di kelas Hypercar, World Endurance Championship (WEC), usai babak kualifikasi 6 Hours of Fuji Sabtu, 14 September 2024.-Dewo Pratomo-

FUJI, DISWAY.ID – Cadillac sukses merebut pole position perdananya di kelas Hypercar, World Endurance Championship (WEC), usai babak kualifikasi 6 Hours of Fuji, Sabtu, 14 September 2024.

Alex Lynn, yang bertugas mengendarai mobil V-Series.R LMDh, mampu melahap Fuji Speedway sepanjang 4,5 km dalam waktu 1 menit, 29,801 detik. Hanya unggul 0,004 detik atas andalan tuan rumah Toyota yang disopiri Ryo Hirakawa.

Sukses ini sudah lama ditunggu Cadillac, yang berkali-kali nyaris meraih pole di kelas Hypercar. "Saya bangga kami akhirnya bisa melakukannya," tandas Lynn usai kualifikasi.

Mobil-mobil Toyota merupakan unggulan utama balapan ini. Wajar, mengingat Toyota adalah pemilik Fuji Speedway.

Mobil kedua Toyota yang dikendalikan Kamui Kobayashi meraih posisi start keempat. Duo Toyota itu mengapit mobil WRT BMW M Hybrid V8 LMDh yang dinaiki Dries Vanthoor.

Dalam balapan yang berlangsung enam jam Minggu, 15 September 20204, Toyota tentu ingin membalas kekecewaan dan mengulangi kemenangan mereka tahun lalu.

Cadillac bukan satu-satunya pabrikan yang merayakan pole pertama di Fuji. Di kelas LMGT3, Ferrari juga merebut pole pertama lewat upaya Francois Heriau.

Dia menggeber mobil Ferrari 296 GT3 dalam waktu 1 menit, 40,893 detik. Secara meyakinkan mengalahkan Tom van Rompuy yang membesut Chevrolet Corvette Z06 GT3.R.

Di kelas ini, pembalap Indonesia Sean Gelael terjun dengan mobil BMW M4 LMGT3 nomor 31. Saat babak kualifikasi, mobil itu dikendarai rekannya Augusto Farfus, dan hanya mampu meraih posisi start 16 dari 18 mobil.

BACA JUGA:Jadwal Lengkap F1 2024 dan Klasemen Sementara Usai Seri Italia di Monza


Sean Gelael terjun dengan mobil BMW M4 LMGT3 nomor 31 di babak kualifikasi World Endurance Championship (WEC) 6 Hours of Fuji.-Dewo Pratomo-
--

Walau ada di peringkat tiga klasemen LMGT3, performa BMW di kelas ini di Fuji memang agak kurang. Bahkan mobil saudara nomor 46 pun hanya mampu meraih posisi 12. Valentino Rossi ikut di mobil tersebut.

Dua tahun lalu, di kelas LMP2 (sekarang dihapus), Sean Gelael mampu meraih kemenangan di Fuji. Tahun lalu, di kelas sama, dia naik podium. Saat ditanya kansnya di Fuji tahun ini, Sean menjawab cepat: "Tahun ini beraaaat!".

Balapan 6 Hours of Fuji adalah seri ketujuh dari total delapan seri WEC 2024. Diikuti 19 mobil Hypercar dan 18 mobil LMGT3.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: