Punya Genetik Penderita Jantung, Bisa Dicegah dengan Hidup Sehat?

Punya Genetik Penderita Jantung, Bisa Dicegah dengan Hidup Sehat?

Punya Genetik Penderita Jantung, Bisa Dicegah dengan Hidup Sehat?-Freepik.com-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Penyakit jantung dapat dialami oleh siapa pun dengan faktor risiko, mulai dari genetik, lingkungan kerja, dan gaya hidup tertentu.

Pada faktor genetik, orang yang memiliki keluarga dengan riwayat penyakit jantung, termasuk kolesterol dalam darah tinggi, diabetes, obesitas, hipertensi, berisiko terserang pula penyakit jantung.

BACA JUGA:Waduh! Gen Z Juga Punya Risiko Kena Penyakit Jantung Lho Guys, Ini Kata Ahli

BACA JUGA:Mengenal Prosedur Medis PCI untuk Penanganan Serangan Jantung Akut

Risiko ini dapat meningkat apabila gaya hidup yang dijalani kurang sehat.

"Lingkungan kerja yang membatasi aktivitas fisik seseorang seperti gamers, office job yang membuat seseorang duduk berjam-jam, pola makan yang tinggi gula dan karbohidrat, tidak adanya kebiasaan olahraga secara rutin," papar dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Dr dr Faris Basalamah Sp. JP(K) PhD ketika dihubungi, 19 September 2024.

Lantas, bagaimana seorang dengan faktor genetik yang menerapkan pola hidup sehat, apalah bisa mencegah terserang penyakit jantung?

BACA JUGA:5 Manfaat Konsumsi Daging Buah Kelapa untuk Kesehatan, Baik untuk Kulit dan Jantung

BACA JUGA:Selain Kanker, Puput Novel Meninggal Dunia Gegara Penyakit Komplikasi Jantung dan Paru-Paru

"Studi yang persis di indonesia saya belum pernah lihat. Namun di China pada populasi yang berisiko paling tinggi secara genetik, dengan modifikasi gaya hidup yang paling ketat, mampu menurunkan resiko serangan jantung 14.7 kali lipat lebih rendah dibandingkan yang tidak melakukan modifikasi sama sekali," tegasnya.

Sehingga, hal ini dapat coba diterapkan terutama bagi orang yang memiliki keluarga dengan riwayat penderita penyakit jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: