Ekonom Wanti-Wanti Meningkatnya Konflik Timur Tengah Goyang Perekonomian RI, Pasokan Minyak Terancam

Ekonom Wanti-Wanti Meningkatnya Konflik Timur Tengah Goyang Perekonomian RI, Pasokan Minyak Terancam

Pasokan Minyak Dunia terancam imbas konflik Timur Tengah-ilustrasi-

JAKARTA, DISWAY.ID - Memanasnya konflik geopolitik Timur Tengah akibat serangan rudal Iran-Israel kini kembali menjadi salah satu topik geopolitik yang paling memengaruhi ekonomi global saat ini.

Menurut Ekonom sekaligus Dosen Universitas Pembangungan Nasional "Veteran" Jakarta, Achmad Nur Hidayat, konflik yang melibatkan dua negara kuat di kawasan ini bukan hanya berimplikasi pada keamanan regional, tetapi juga memiliki potensi untuk berdampak besar pada pasar energi dunia dan stabilitas ekonomi global. 

"Jika ketegangan terus meningkat, ada kemungkinan terjadinya gangguan pasokan minyak, baik melalui blokade di Selat Hormuz, jalur transportasi minyak yang strategis, atau melalui serangan terhadap fasilitas minyak di kawasan tersebut," jelas Achmad saat dihubungi oleh Disway pada Sabtu 5 Oktober.

BACA JUGA:Dampak Konflik Geopolitik Timur Tengah ke Perekonomian Indonesia Dibeberkan Ekonom

Menurut Achmad, salah satu hal yang perlu diwaspadai di tengah kondisi ketidakpastian global ini adalah tingkat investasi.

Pasalnya, konflik berkepanjangan antara Israel dan Iran juga bisa menciptakan ketidakpastian di pasar keuangan global.

"Ketika investor merasa tidak yakin dengan stabilitas geopolitik, mereka cenderung menarik investasinya dari pasar yang dianggap lebih berisiko, termasuk negara-negara berkembang seperti Indonesia," ujar Achmad.

BACA JUGA:Ditolak Masyarakat Papua, Ekonom Nilai Proyek Food Estate Berpotensi Memicu Konflik

Penarikan modal asing ini dapat menyebabkan depresiasi nilai tukar rupiah dan meningkatkan biaya pinjaman luar negeri.

Menurut Achmad, kondisi ini bisa memperburuk defisit transaksi berjalan dan menambah beban ekonomi nasional.

Selain itu, volatilitas di pasar saham global dapat memicu aksi jual saham di bursa Indonesia, yang pada akhirnya berdampak negatif terhadap investasi dalam negeri.

BACA JUGA:Sinopsis Drama China Love in The Desert, Putri Cantik dari Gurun Terlibat Konflik Politik!

"Ketidakpastian di pasar keuangan ini dapat memperlambat laju pemulihan ekonomi pasca-pandemi, mengingat Indonesia masih sangat bergantung pada investasi asing untuk mendukung pertumbuhan ekonominya," pungkas Achmad.

Oleh karena itulah, Achmad menilai bahwa perlunya langkah-langkah strategis dari Pemerintah Indonesia untuk melindungi perekonomian domestik dari dampak yang lebih besar. Salah satu langkah tersebut adalah memperkuat cadangan devisa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: