Mengerikan! Ahli Paleontologi Temukan Fosil Reptil Raksasa di Pegunungan Ini, Ternyata Bentuknya Mirip...

Mengerikan! Ahli Paleontologi Temukan Fosil Reptil Raksasa di Pegunungan Ini, Ternyata Bentuknya Mirip...

Fosil Reptil Raksasa Ditemukan di Pegunungan Alpen, Swiss-R. Roth-University Zurich

SWISS, DISWAY.ID - Sebuah tim ahli paleontologi telah menemukan fosil tiga ichthyosaurus (reptil laut seperti lumba-lumba) baru yang terlihat seperti reptil laut purba di bebatuan yang terletak 9 ribu kaki di atas permukaan laut.

Ichthyosaurus ditemukan dalam penggalian yang terjadi antara tahun 1976 dan 1990, tetapi sisa-sisanya sangat terpisah-pisah.

Sejak itu, lebih banyak penelitian komparatif tentang ichthyosaurus telah dilakukan, dan sekarang tim ahli paleontologi akhirnya dapat menilai fosil alpine ke tingkat yang lebih detail.

Melansir dari laman GIZMODO, di antara temuan superlatif adalah tulang rusuk terdapat gigi terbesar yang pernah dikaitkan dengan ichthyosaurus (lebar akarnya dua kali lipat dari reptil air lainnya), dan tulang belakang yang lebih besar dari kepala manusia. Penelitian tim ini diterbitkan di Journal of Vertebrate Paleontology.

BACA JUGA: Hotspur Tikung Arsenal Usai Hajar Leicester City 3-1

BACA JUGA:Mengejutkan! Masih Ada Utang, Mandalika Racing Team Ditagih Tim Balap Stylobike di Instagram

“Temuan baru menunjukkan keragaman menarik dari ichthyosaurus yang sangat besar pada akhir Trias, tepat sebelum kepunahan massal 201 juta tahun yang lalu,” kata Heinz Furrer, ahli paleontologi di Universitas Zürich dan rekan penulis makalah.

“Bersama dengan penemuan yang hampir setara dengan waktu di British Columbia, mereka adalah reptil laut terbesar yang pernah hidup di Bumi," sambungnya.

Untuk mengeluarkan fosil tulang ichthyosaurus ini dari gunung, Furrer mengatakan bahwa dia dan timnya harus membawa ratusan pon tulang di punggung mereka dan di dalam Jeep yang dipinjamkan kepada mereka dari Tentara Swiss.

Mereka membelah tulang belakang melintasi gletser ke gubuk gunung, dan fosil-fosil itu akhirnya dibawa turun gunung dengan kereta gantung yang biasanya digunakan untuk transportasi makanan.

BACA JUGA:Hasil MotoGP Spanyol 2022: Francesco Bagnaia Jawara di Jerez, Fabio Quartararo Pimpin Klasemen

BACA JUGA:Massa Buruh Beraksi, May Day Disusupi Agenda Politik

Lebih dari 200 juta tahun yang lalu, bebatuan di atas Pegunungan Alpen Swiss adalah sedimen di dasar laguna atau cekungan dangkal di tepi Tethys, bagian dari lautan yang mengelilingi superbenua Pangea.

Diketahui di sanalah ichthyosaurus, reptil air dengan tubuh yang mirip dengan paus dan lumba-lumba, ikan, dan ichthyosaurus yang lebih kecil. Kebanyakan ichthyosaurus lebih kecil dari raksasa ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: