Golkar, PPP, dan PAN Kumpul di Menteng, Sepakat Bersatu Perangi Politik Identitas

Golkar, PPP, dan PAN Kumpul di Menteng, Sepakat Bersatu Perangi Politik Identitas

Tiga ketua umum kumpul di Menteng, Kamis 12 Mei 2022. Mereka sepakat perangi politik identitas. --

JAKARTA, DISWAY.ID – Partai Golkar, PPP, dan PAN terang-terangan mengibarkan bendera perang terhadap politik identitas. Tujuannya satu, tidak ada pembelahan yang bermuara pada perpecahan bangsa. 

Bisa jadi manuver kecil ini, menjadi tanda bersatunya 3 partai itu, menyamakan kesepahaman menuju koalisi besar menuju suksesi Pilpres 2024 yang mulai ditabuh.   

Deklarasi anti politik identitas yang berlangsung di Menteng pada Kamis 12 Mei 2022 malam itu mendapat sorotan tajam dari banyak kalangan.

BACA JUGA:Golkar Pastikan Belum Ada Pembahasan Koalisi dengan Demokrat

Ini seperti sinyal 3 partai ini akan berlabuh dalam satu partai koalisi besar yang moderat dan humanis. 

Deklarsi 3 petinggi partai hadir; Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa, dan Ketum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan. 

Airlangga Hartarto menegaskan, 3 partai politik pendukung pemerintah bertekad membangun budaya politik baru.

Budaya politik yang dibangun dengan kerja sama secara berjenjang dan bertahap didasari hasil kajian mendalam. Bukan kerja sama yang dilakukan secara terburu-buru dan singkat.

”Kita akan mendorong persatuan dan kita akan menegaskan risiko-risiko akibat dari pada politik identitas,” tutur Airlangga.

Airlangga yang juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini menambahkan, kerja sama ketiga partai juga akan dilakukan utnuk menopang dan mendukung suksesnya pemerintahan Presiden Joko Widodo hingga 2024.

Airlangga menginstruksikan seluruh kader partai berlambang pohon beringin di seluruh jajaran untuk menindaklanjuti pertemuan 3 partai di wilayahnya masing-masing.

Airlangga juga menegaskan, 3 partai ini telah sepakat untuk mengawal agenda politik ke depan, baik agenda pemerintah maupun gelaran Pemilu 2024.

BACA JUGA:Partai Golkar Dukung Pemilu 2024 Sesuai Jadwal

Sumber: