Tembak Kepala Warga Sipil Hingga Tewas, Vadim Shishimarin Dihukum Seumur Hidup

Tembak Kepala Warga Sipil Hingga Tewas, Vadim Shishimarin Dihukum Seumur Hidup

Pengadian Rusia memvonis Vadim Shishimarin, Selasa 24 Mei 2022. Vadim seorang Tentara Rusia harus menerima ganjaran penjara seumur hidup setelah dirinya menembak warga sipil Ukraina pada invasi Rusia ke Ukraina. -Tangkapan Layar/Youtube/@TheStraitsTimes-Disway.id

Jaksa negara bagian Ukraina mengatakan Shishimarin dan empat prajurit Rusia lainnya mencuri mobil untuk melarikan diri setelah kolom mereka menjadi sasaran pasukan Ukraina.

Setelah mengemudi ke Chupakhivka, para prajurit melihat Shelipov mengendarai sepeda dan berbicara di teleponnya. Shishimarin diperintahkan untuk membunuh Shelipov untuk mencegahnya melaporkan lokasi mereka, kata jaksa.

Di pengadilan pekan lalu, Shishimarin mengaku bersalah dan meminta janda korban memaafkannya.

Pengadilan mencapai putusannya lima hari setelah mengadakan sidang penuh pertama. Sebaliknya, Pengadilan Kriminal Internasional tidak menjatuhkan hukuman seumur hidup dan Pengadilan Kriminal Internasional untuk bekas Yugoslavia hanya menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup kepada enam orang.

Direktur eksekutif Asosiasi Pengacara Internasional Mark Ellis mengatakan putusan itu tidak mengejutkan dan bisa menjadi bagian pertama dari teka-teki besar yang juga melibatkan tentara Ukraina yang ditahan di Rusia.

“Untuk sebagian besar kasus kejahatan perang lainnya di Ukraina, saya menduga kita akan melihat hukuman serupa karena ini adalah persidangan dasar, dan biasa atas vonis itu,” sebutnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: the straits times