Mau Diet dan Tidur Nyenyak? 14 Sayuran Ini Ideal Dikonsumsi Jika Tengah Malam Terasa Lapar

 Mau Diet dan Tidur Nyenyak? 14 Sayuran Ini Ideal Dikonsumsi Jika Tengah Malam Terasa Lapar

Foto Ilustrasi: Hidangan malam -Pixabay/@sasint-

Hanya 1 cangkir (21 gram) kangkung mentah yang mengandung potasium, kalsium, tembaga, dan vitamin A, B, C, dan K.

Dalam satu penelitian kecil, makan kangkung bersama makanan tinggi karbohidrat lebih efektif mencegah lonjakan gula darah daripada makan makanan tinggi karbohidrat saja.

Studi lain menunjukkan bahwa minum jus kangkung dapat menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan kadar gula darah

7. Kacang hijau

Kacang polong adalah sayuran bertepung, yang berarti mereka memiliki lebih banyak karbohidrat dan kalori daripada sayuran non-tepung dan dapat mempengaruhi kadar gula darah saat dimakan dalam jumlah besar.

Namun demikian, kacang hijau sangat bergizi. Hanya 1 cangkir (160 gram) mengandung 9 gram serat, 9 gram protein, dan vitamin A, C, dan K, serta riboflavin, tiamin, niasin, dan folat.

Karena kaya serat, kacang polong mendukung kesehatan pencernaan dengan meningkatkan bakteri menguntungkan di usus Anda dan mendorong buang air besar secara teratur.

Selain itu, kacang polong kaya akan saponin, sekelompok senyawa tanaman yang dikenal memiliki efek antikanker. Sementara, penelitian lain menunjukkan saponin dapat mengurangi pertumbuhan tumor dan menyebabkan kematian sel kanker.

8. Lobak Swiss

Lobak Swiss rendah kalori tetapi kaya akan banyak vitamin dan mineral penting.

Satu cangkir (36 gram) hanya mengandung 7 kalori tetapi hampir 1 gram serat, 1 gram protein, dan banyak mangan, magnesium , dan vitamin A, C, dan K.

Lobak Swiss juga sarat dengan antioksidan yang meningkatkan kesehatan dan senyawa tanaman, termasuk betalain dan flavonoid.

Sayuran ini bahkan dapat membantu mencegah kerusakan yang disebabkan oleh diabetes tipe 2, meskipun penelitian pada manusia diperlukan.

Dalam sebuah penelitian yang lebih tua pada tikus, ekstrak lobak Swiss mengurangi stres oksidatif yang disebabkan oleh kadar gula darah tinggi di paru-paru.

Dalam penelitian tikus lain yang lebih tua, ekstrak lobak membantu meningkatkan kadar gula darah dan mengurangi stres oksidatif. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: healthline