Presiden Jokowi Pantau Ketersedian Bahan Pokok Jelang Ramadan, 'Jangan Sampai Harga Naik Terlalu Tinggi'

Presiden Jokowi Pantau Ketersedian Bahan Pokok Jelang Ramadan, 'Jangan Sampai Harga Naik Terlalu Tinggi'

Presiden Jokwi Cek Ketersediaan Bahan Pokok di Sejumlah Pasar-Istimewa-Setkab

MAGELANG, DISWAY.ID – Dalam kunjungan kerjanya Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pantau ketersediaan sejumlah bahan kebutuhan pokok masyarakat di sejumlah pasar tradisional menjelang bulan suci Ramadan.

Salah satu pasar yang dikunjungi adalah Pasar Rakyat di Desa Tempurejo, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, pada Rabu 30 Maret 2022.

“Kita ingin mengecek terutama menjelang Ramadan, yang kedua juga mengecek yang berkaitan dengan minyak goreng,” ujar Presiden Jokowi seperti dilansir Disway.id dari laman resmi Sekretariat Kabinet.

“Saya kira untuk stok cukup, tetapi yang paling penting memang jangan sampai harga naik terlalu tinggi, biasanya kalau menjelang Lebaran seperti itu kebiasaannya,” tambahnya.

BACA JUGA:Jokowi Ingatkan Ancaman Ketahanan Pangan Indonesia Dampak Perubahan Iklim

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga mengunjungi Pasar Baledono di Kabupaten Purworejo. Di pasar tersebut, Presiden juga ingin memastikan bahwa harga dan ketersediaan minyak goreng curah mencukupi.

“Utamanya untuk minyak memang yang di kemasan harganya rata-rata Rp 24.000, tapi untuk minyak curah ada tetapi stoknya tidak banyak,” jelasnya.

BACA JUGA:Frasa Madrasah Dihapus di RUU Sisdiknas, Nadiem: Tidak Pernah Terbesit Sedikitpun

“Tadi saya lihat sisanya di situ tinggal kira-kira 2 liter, harganya Rp15.500 masih belum mencapai apa yang kita inginkan di Rp 14.000. Untuk harga-harga yang lain masih pada posisi yang baik,” terangnya.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga menyempatkan membeli sejumlah bahan pangan seperti cabai, bawang, hingga jahe.

Selain itu, Presiden Jokowi juga membagikan bantuan tunai bagi para pedagang di kedua pasar tersebut.

BACA JUGA:Gemas! Tatapan Azka Corbuzier ke Vicky Prasetyo Viral di Media Sosial, Netizen: Mukanya Vicky Pucet

Bantuan tersebut diharapkan dapat meringankan beban para pedagang yang terkena dampak pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah, terima kasih kepada Bapak Presiden sudah memberi bantuan kepada saya. Terima kasih sekali, mudah-mudahan bermanfaat,” ungkap Rohayati, salah satu pedagang yang menerima bantuan.

Turut mendampingi Presiden dalam kunjungannya ke Pasar Rakyat di Magelang yaitu Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, dan Kepala Pasar Purnomo.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: