Senjata Rakitan Ditemukan di Teluk Dalam Ambon, Bermula Kapal Eks Asing Lego Jangkar, Bakamla Dalami

Senjata Rakitan Ditemukan di Teluk Dalam Ambon, Bermula Kapal Eks Asing Lego Jangkar, Bakamla Dalami

Kepala UPH Bakamla RI, Laksma Bakamla Iman Wahyudi saat konferensi pers.-Ist-

JAKARTA, DISWAY.ID-- KN Ular Laut 405 menemukan 1 (satu) pucuk senjata rakitan di sebuah kapal yang sedang berlabuh jangkar di Perairan Teluk Dalam Ambon.

Demikian terungkap bermula dari informasi masyarakat tentang adanya kegiatan mencurigakan di kapal-kapal eks asing yang lego jangkar dan tidak terurus.

Kondisi kapal-kapal itu gelap di malam hari.

KN Ular Laut 405 yang sedang melaksanakan Operasi Gada Nusantara VIII/2022, pada sore hari 23 Maret 2022, menurunkan Tim VBSS untuk melaksanakan pemeriksaan.

Demikian itu disampaikan Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr Aan Kurnia saat melakukan konferensi pers di Aula Mabes Bakamla RI, Jl Proklamasi No. 56, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat 1 April 2022.

Tim VBSS, sebut Kepala Bakamla, terdiri dari enam personel saat menaiki kapal bernama KM Mabiru-12.

Kapal ditemukan dalam keadaan kosong.

Namun saat melakukan penggeledahan ruangan di belakang anjungan, tim menemukan sebuah tas hitam.

BACA JUGA:Jembatan Aria Wangsakara, Ikon Baru Banten, Diklaim Terlebar di Indonesia

"Setelah dibuka ternyata terdapat satu pucuk senjata rakitan beserta dua butir peluru kaliber 45mm," jelasnya.

Tim VBSS mengintensifkan pencarian lebih lanjut namun tidak menemukan benda lain yang mencurigakan, selanjutnya mengamankan barang bukti untuk dilaporkan ke komando atas.

Penemuan senjata ini merupakan pengembangan dari penemuan senjata api di daerah Manado pada sekitar 3 bulan lalu yang masih terus di dalami dan dikembangkan lebih lanjut.

Pendalaman untuk mengetahui modus penyelundupan senjata api lewat laut dengan menggunakan kapal-kapal ikan dan kapal-kapal kargo kayu.

Lebih jauh Kepala UPH Bakamla RI, Laksma Bakamla Iman Wahyudi mengatakan, temuan ini merupakan pengembangan dari penangkapan dua pelaku penyelundupan senjata api di perairan Sulawesi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: