Mantan Penderita Kanker Bisa Kambuh Lagi Jika Disuntik Vaksin Covid-19? Dokter Ini Ungkap Faktanya

Mantan Penderita Kanker Bisa Kambuh Lagi Jika Disuntik Vaksin Covid-19? Dokter Ini Ungkap Faktanya

JAKARTA, DISWAY.ID - Viral di media sosial adanya video yang memiliki narasi bahwa vaksin Covid-19 bisa menyebabkan mantan penderita kanker menjadi kambuh lagi.

Seseorang yang pernah menderita kanker dan sembuh, tetapi mendapat suntikkan vaksin Covid-19 disebut dua sampai empat bulan kemudian bisa kambuh lagi. Bahkan dengan rasa sakit yang lebih parah.

Akan tetapi apakah kabar tersebut benar-benar nyata atau hanya hoaks semata saja?

Melansir dari RRI,kabar tersebut adalah palsu alias hoaks karena dr. Steven Pergam menegaskan, tidak ada data yang menunjukkan bahwa vaksin Covid-19 menyebabkan kekambuhan kanker.

BACA JUGA:Waspada! Cuma Semalaman, Pencuri Berhasil Gasak 4 Motor di Bekasi, Aksi Pelaku Terlihat dari CCTV

BACA JUGA:Ada Batas Jam Makan Malam yang Bagus Buat Kesehatan Nggak Sih?

Selain itu dr. Samuel Godfrey, selaku Ketua Tim Informasi Penelitian di Cancer Research UK juga mengatakan bahwa jika memang ada beberapa orang mengalaminya, hal itu tidak disebabkan oleh vaksin Covid-19.

Vaksin mRNA bekerja dengan menginstruksikan sel untuk membuat versi protein lonjakan tidak berbahaya yang ditemukan di permukaan virus corona.

Maka dari itu sistem kekebalan dapat mengenali protein tersebut dan memasang respons antibodi terhadap virus jika terjadi infeksi di masa mendatang. 

Instruksi tersebut tidak berinteraksi dengan DNA anda atau mengubah gen dan karena itu tidak dapat menyebabkan kanker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: