Ini 4 Tanda Gangguan Kesehatan yang Dialami saat Bangun Tidur, Anda Pernah Merasakan?

Ini 4 Tanda Gangguan Kesehatan yang Dialami saat Bangun Tidur, Anda Pernah Merasakan?

Waktu yang Tepat untuk Tidur di Malam Hari--Pixabay

Dokter mengingatkan, sakit kepala yang terus-menerus ketika bangun tidur bisa menjadi gejala tumor otak. Setiap orang pernah mengalami sakit kepala di beberapa titik.

BACA JUGA:Blink Siap-siap Nabung! Blackpink Umumkan Bakal Konser di Jakarta 11 Maret 2023

Ahli neuro onkologi di Memorial Sloan Kettering Cancer Center (MSK), Lauren Schaff, mengatakan tumor otak tidak akan hadir dengan satu sakit kepala tunggal yang berlangsung selama beberapa jam dan tidak pernah kembali.

4. Gula Darah Tinggi

Gula darah tinggi pada pagi hari bisa menjadi tanda resistensi insulin. Fenomena fajar, juga disebut efek fajar, adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan peningkatan gula darah (glukosa) pagi hari yang abnormal.

Beberapa peneliti percaya pelepasan alami dari hormon kontrapengaturan (termasuk hormon pertumbuhan, kortisol, glukagon dan epinefrin) meningkatkan resistensi insulin, menyebabkan gula darah meningkat.

Gula darah pagi yang tinggi juga dapat disebabkan oleh insulin yang tidak mencukupi pada malam sebelumnya, dosis obat antidiabetes yang tidak mencukupi, atau konsumsi makanan ringan karbohidrat sebelum tidur.

BACA JUGA:Ternyata ACT Selewengkan Dana Boeing Mencapai Rp 107,3 Miliar, Mencengangkan!

Terkait lelah saat tidur, ini juga ada penyebabnya tersendiri lho.

Berikut sejumlah penyebab yang membuat tubuh anda lelah setelah bangun tidur.

1. Terlalu banyak atau kurang tidur

Beberapa riset menunjukkan bahwa kebiasaan tidur terlalu banyak atau justru kurang tidur bisa menjadi penyebab seseorang merasa lelah saat bangun tidur. Kebiasaan ini juga bisa membuat seseorang merasa masih mengantuk saat bangun tidur.

Oleh karena itu, kamu disarankan untuk memenuhi kebutuhan waktu tidur yang ideal, yakni 7–9 jam per hari.

2. Stres

Tidak bisa dipungkiri bahwa stres bisa memengaruhi kualitas tidur dan menjadi salah satu penyebab lelah saat bangun tidur. Pasalnya, saat kamu stres, kemungkinan besar kamu akan sering terbangun di malam hari atau bahkan sulit untuk bisa tertidur, sehingga kamu mudah merasa lelah dan tak bersemangat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: