Komnas HAM Bakal Sebut Pihak yang Bertanggung Jawab dalam Tragedi Kanjuruhan, Ini Bocorannya

Komnas HAM Bakal Sebut Pihak yang Bertanggung Jawab dalam Tragedi Kanjuruhan, Ini Bocorannya

Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara.-Rafi Adhi Pratama-

JAKARTA, DISWAY.ID - Dalam laporan rekomendasi Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) akan disebut siapa yang seharusnya bertanggung jawab dalam kerusuhan di Kanjuruhan, Malang yang menyebabkan 133 jiwa melayang.

Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara memastikan hal tersebut akan disebutkan pihaknya dalam laporan rekomendasi.

"Pastinya begitu (Menyebut penanggung jawab kerusuhan, red). Jadi kami akan melihat begini artinya ketika bicara soal tragedi Kanjuruhan bicara juga, bukan hanya soal tragedinya, tapi juga soal tata kelola persepak bolaan Indonesia, nah kalau kita ngomong tata kelola sepakbola Indonesia kita bicara soal FIFA juga," katanya kepada awak media.

"Karena PSSI anggota FIFA. kita juga bicara soal PSSI, Bicara soal aparat keamanan, dimana titik temunya, antara peraturan keamanan di Indonesia dengan statuta FIFA, nah itu yang kemudian kita akan kejar disitu soal tanggungjawab sehingga lebih jelas nantinya perbaikan sepakbola Indonesia itu mulai dari mana." tandasnya.

BACA JUGA:PT LIB Penuhi Panggilan Komnas HAM Hari Ini

Diberitakan sebelumnya, Komisi Nasional hari ini rencananya hari ini pada pukul 10.00 WIB memanggil pihak PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk mengembangkan temuan kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Berdasarkan pantauan Wartawan disway.id di lokasi, belum terlihat pihak LIB yang ada di Kantor Komnas HAM.

Terlihat beberapa securiti yang berjaga di lokasi dan awak media yang menunggu kedatangan Akhmad Hadian Lukita cs hari ini.

Diberirakan sebelumnya, hari ini pemeriksaan terhadap PT Liga Indonesia Baru (LIB) oleh Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) dipastikan akan dilakukan.

Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara mengatakan Pemeriksaan dilakukan pukul 10.00 WIB untuk menggali informasi terkait kerusuhan di Malang.

"Jadi, jadi. Kami akan memulai jam 10 PT LIB. Terus kemudian juga ada medcom dari PSSI. Kami juga akan minta keterangan mereka," katanya kepada awak media di kantornya.

BACA JUGA:Buka Layanan Pengaduan, Heru Sebut Masih Ada Warga Yang Keluhkan Masalah Sertifikat Tanah

Dijelaskannya, belum diketahui siapa saja yang akan hadir langsung ke Komnas HAM dari pihak PT LIB 

"Kami belum dapat informasi, siapa sjaa yang akan datang," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: