4 Tips Hilangkan Stres Sebelum Tidur, Salah Satunya Segera Matikan Lampu Kamar!

4 Tips Hilangkan Stres Sebelum Tidur, Salah Satunya Segera Matikan Lampu Kamar!

Penyebab Susah Tidur pada Malam Hari--Freepik/rawpixel.com

Topi malam dapat membantu Anda tertidur ketika kepala Anda menyentuh bantal, tetapi kualitas tidur yang Anda dapatkan kemungkinan akan jauh lebih buruk.

Meskipun alkohol dapat mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk tertidur dan dapat menyebabkan fase tidur yang lebih dalam (setidaknya pada awalnya), alkohol dapat menekan fase tidur penting lainnya seperti tidur gerakan mata cepat (REM).

Setelah alkohol dibersihkan dari sistem, ada 'rebound' dari fase tidur yang ditekan yang mengarah ke peningkatan tidur REM serta lebih banyak bangun dan tidur yang lebih ringan. Hal ini dapat menyebabkan mimpi yang lebih aneh dan intens. Jika Anda pernah bangun dengan perasaan lelah setelah minum terlalu banyak, ini mungkin alasannya.

Kafein juga dapat mengganggu tidur malam yang nyenyak. Sementara secangkir kopi dapat membuat Anda merasa lebih waspada dalam jangka pendek, itu dapat meningkatkan kadar kortisol dan adrenalin dalam tubuh yang kemudian dapat mengganggu tidur Anda.

BACA JUGA:Heboh Sosok Susi Asli Diduga Bukan yang Hadiri Sidang Bharada E? Wajah 2 ART Sambo Bikin Curiga

Plus, jika Anda sudah stres, kadar hormon ini akan meningkat, jadi sering disarankan untuk mencoba membatasi asupan kafein saat Anda merasa stres atau cemas. Bagaimana tubuh Anda merespons kafein sangat individual - beberapa orang dapat minum kopi sepanjang hari dan masih akan tidur nyenyak.

Orang lain dapat menikmati secangkir kopi dan merasa sangat waspada selama berjam-jam. Sebagai aturan praktis, kami sarankan untuk menghindari minum minuman berkafein beberapa jam sebelum tidur jika Anda sudah merasa sulit untuk tidur.

BACA JUGA:Putri Candrawathi Bantah Pernyataan Reza Soal Nomor HP Pribadi

BACA JUGA:Didesak Bertobat, Ekspresi Sinis Ferdy Sambo Bikin 'Merinding'? Videonya Viral di Medsos

4. Matikan lampu dan singkirkan HP

Cahaya bisa menjadi pengganggu besar saat tidur. Sinyal kunci yang memberi tahu tubuh untuk mulai bersiap tidur adalah hormon melatonin.

Hormon tersebut secara alami dilepaskan sebagai respons terhadap penurunan tingkat cahaya di malam hari.

Akan tetapi, di dunia modern, kita menerangi malam dengan pencahayaan buatan seperti menyalakan layar HP atau TV.

BACA JUGA:Rosti Ibu Brigadir J Minta Putri Candrawathi dan Ferdy Sambo Bertaubat Atas Perbuatannya

BACA JUGA:Putri Candrawathi Sampai Menangis di Depan Ayah dan Ibu Brigadir J

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: