12 Tips Mengatasi Anak Susah Makan, Salah satunya Massage Tubuh Pada Anak Sangat Penting

12 Tips Mengatasi Anak Susah Makan, Salah satunya Massage Tubuh Pada Anak Sangat Penting

Cara mengatasi anak yang susah makan-Foto/Hellosehat.com-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Anak memang sering sulit dimengerti, apalagi kalau anak kita sulit untuk makan. Kita sebagai orangtua tentunya ingin tahu bagaimana cara mengatasi anak susah makan.

Sebab setiap ibu selalu diliputi kekhawatiran soal kecukupan gizi buah hatinya, mengingat mereka masih dalam masa tumbuh kembang.

Biasanya ini terjadi ketika usianya memasuki tahun pertama. Masalah tersebut biasanya berupa menolak makanan, tidak suka sayur, hanya mau makan yang itu-itu saja (picky eater), atau mengemut makanannya berlama-lama.

BACA JUGA:Ini Penyebab Anak Umur 2 Tahun Telat Bicara, Bunda Tolong Ini Penting!

BACA JUGA:Bunda Mesti Tahu, Ini Manfaat Pijat Bayi, Bisa Melatih Indra dan Rasa Sensitif

Dikutip dari buku “Ibu Hebat Anak Smart” karya Alfi Fauziah menyebutkan, faktor penyebab seorang anak susah makan dikarenakan faktor fisik dan faktor psikis.

Faktor fisik meliputi terdapatnya gangguan di organ pencernaan maupun terdapatnya infeksi dalam tubuh anak.

Sedangkan faktor psikis meliputi gangguan psikologis pada anak, seperti kondisi rumah tangga yang bermasalah, suasana makan yang kurang menyenangkan, tidak pernah makan bersama orang tua, maupun anak dipaksa memakan makanan yang tidak disukai.

1. Untuk langkah persiapan agar anak nanti senang dengan makan, maka orang tua jangan terlambat mengenalkan makanan pada bayi. Pada usia 6 bulan orang tua harus mulai mengenalkan makanan-makanan padat pada anak.

BACA JUGA:Catat! Ini Tips Memilih Produk Skincare untuk si Bayi, Ternyata Pakai Suncreen Penting Loh Bunda

BACA JUGA:Hati-hati Bun! Obesitas pada Anak Rentan Banyak Penyakit

2. Selanjutnya orang tua harus mengenalkan berbagai macam rasa pada anak sejak masih bayi. Karena itu sebagai orang tua harus kreatif memvariasikan makanan untuk bayi. Hal ini harus dilakukan karena anak mempunyai kecenderungan untuk menolak rasa yang belum pernah dikenalnya.

Tips Mengatasi Anak Susah Makan

1. Coba sajikan makanan dalam porsi kecil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: