Catat, 10 Cara Ampuh Perbaiki Postur Tubuh, Salah Satunya Atur Posisi Duduk?

Catat, 10 Cara Ampuh Perbaiki Postur Tubuh, Salah Satunya Atur Posisi Duduk?

Cara perbaiki postur tubuh--Frepeik/kjpargeter

JAKARTA, DISWAY.ID - Memiliki postur tubuh yang baik tidak hanya memaksimalkan penampilan, tapi juga dapat membantu terhindar dari masalah kesehatan di kemudian hari seperti sakit pada punggung dan leher, hingga keluhan pada otot maupun persendian dan saraf tulang belakang.

Selain itu, menjaga postur dan memperbaiki postur badan juga dapat meningkatkan rasa percaya diri, membantu otot bekerja lebih efisien, sistem pernapasan dan pencernaan menjadi lebih baik.

Dewasa ini, gaya hidup masyarakat banyak menghabiskan waktu dengan posisi duduk membungkuk seperti membaca buku, bermain gadget dan di depan komputer dapat menjadi pemicu postur tubuh yang buruk. 

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 10 tips cara memperbaiki postur tubuh yang diharapkan dapat menjadi pedoman dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari Anda.

BACA JUGA:Klik di Sini Link Live Streaming Inggris vs Senegal Piala Dunia Qatar 2022, Simak Prediksi Susunan Pemain The Three Lions!

1.Atur posisi duduk

Kebiasaan duduk dengan postur tubuh yang membungkuk dapat membuat tubuh bagian atas membungkuk dan leher tertekuk. Duduk bungkuk dalam jangka waktu lama juga dapat menyebabkan bahu terasa kaku dan nyeri.  Jadi, atur posisi duduk yang benar, dengan cara seperti berikut:

-Duduklah dengan punggung, leher dan kepala lurus atau segaris dengan sandarangan kursi, posisi bahu ke belakang, dan bokong menyentuh bagian belakang kursi. 

-Lalu sesuaikan ketinggian kursi hingga lengan membentuk huruf L atau 90 derajat dan siku berada di samping tubuh. 

-Atur posisi ketinggian kursi sehingga kaki menapak di lantai. Posisikan lutut agar sejajar dengan pinggul. Jika menggunakan komputer, pastikan layar monitor sejajar dengan mata sehingga posisi kepala tidak terbebani.

BACA JUGA:Dijebloskan ke Pomdam Jaya, Oknum Paspampres Pemerkosa Perwira Kostrad Bakal Diadili: Tidak Ada Sidang Etik

-Gunakan mouse dan pastikan letak keyboard dekat dengan tubuh Anda. Hal ini bertujuan supaya pergelangan tangan tidak menekuk secara kurang nyaman.

-Setiap 30 menit berdiri sejenak atau ganti posisi dan lakukanlah peregangan pada bagian leher, pundak, pinggang dan kaki. Posisi duduk yang tidak baik akan membuat tubuh cepat lelah.

2.Tegakkan badan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: