Menginspirasi, Aksi 5 Pemuda Pandawara Group Bersih-bersih Sampah di Sungai Tuai Banyak Pujian, Petugas Kebersihan Saja Kalah Nih?

Menginspirasi, Aksi 5 Pemuda Pandawara Group Bersih-bersih Sampah di Sungai Tuai Banyak Pujian, Petugas Kebersihan Saja Kalah Nih?

Kelima pemuda dari Pandawara Group ini telah menginspirasi banyak orang akan pentingnya kebersihan lingkungan, khususnya sungai.-Foto/Instagram/@pandawaragroup-

Kegiatan ini dimulai pada tahun 2022, berawal dari keresahan mereka karena sering terjadi banjir di lingkungan tempat tinggal mereka.

Mulanya mereka hanya membersihkan area sisi-sisi sungai, namun setelah 10 bulan melakukan hal tersebut, dampak yang dirasakan tidak terlalu besar.

“Mulanya kita coba mengurangi sampah di pinggir sungai, setelah selama 10 bulan berjalan kita mulai turun ke sungai yang sampahnya memang sudah menumpuk dan alhamdulillah sampai sekarang masih berjalan,” papar Ikhsan.

BACA JUGA:Rem Blong, Truk Sampah Lindas Pemotor

Mereka mulai mempublikasikan kegiatannya dan membagikannya di TikTok pada bulan Agustus 2022 dan mendapatkan respon yang positif dari netizen.

Saat ini, akun Tiktok mereka telah memiliki 2,3 M pengikut, termasuk Youtuber tenar asal luar negeri @mrbeast.

BACA JUGA:Ketinggian Air di Pintu Air Manggarai Kembali Normal Setelah Hujan Deras, Tumpukan Sampah Mencapai 124 Meter Kubik

Asal Muasal Nama Pandawara

Pandawara diambil dari dua kata dalam bahasa sunda yaitu Pandawa dan Wara, Pandawa memiliki arti berlima dan Wara yang memiliki arti berita baik.

“Pandawara itu terinspirasi dari tokoh pewayangan yang artinya berlima dan Wara itu artinya berita baik,” kata Ikhsan.

Sehingga arti dari nama Pandawara adalah 5 orang yang membawa berita baik.

Nama ini memang cocok digunakan oleh 5 milenial yang sedang naik daun ini.

BACA JUGA:Terpublikasi Sejak Piala Dunia 2014, Aksi Suporter Timnas Jepang Memungut Sampah Terus Banjir Pujian

“Pandawara ini terbentuknya dari temen-temen SMA yang kita menjadi terdampak banjir. Setelah itu kita mencari tau penyebabnya apa. Setelah kita telusuri penyebabnya itu penyumbatan di area sungai,” kata Ikhsan.

Dengan peralatan seadanya ia dan teman-temannya bergerak membersihkan sampah-sampah sungai yang terdapat di daerah Bandung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: