Good Bye Jakarta! Mulai Tahun Depan Ibu Kota Resmi Pidah ke IKN Kalimantan, Sejauh Mana Persiapannya?

Good Bye Jakarta! Mulai Tahun Depan Ibu Kota Resmi Pidah ke IKN Kalimantan, Sejauh Mana Persiapannya?

Ilustrasi istana nagara di IKN-Istimewa-

JAKARTA, DISWAY.ID - Pemerintah resmi memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke Nusantara di Kalimantan Timur mulai 2024.

Dengan demikian, pada 2024 status Jakarta sebagai Ibu Kota Negara akan dicabut dan beralih ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan.

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara, Bambang Susantono mengatakan, bahwa Presiden Joko Widodo akan mengeluarkan Keputusan Presiden atau Keppres pada semester I-2024. 

BACA JUGA:Dirayu PKS Gabung Koalisi Perubahan, Begini Tanggapan Golkar

Keppres tersebut terkait mengesahkan pemindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Nusantara di Kalimantan.

"Jika 2024 Presiden sudah mengeluarkan Kepppres pada 2024, ibu kota akan pindah ke IKN Nusantara," kata Bambang saat Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi XI DPR RI, Rabu 8 Februari 2023. 

"Persiapan sudah kami lakukan sejak sekarang," sambungnya.

Bambang menyebut, sejauh ini persipan yang sudah berjalan di antaranya pemindahan ASN, TNI, dan Polri yang akan dilakukan bertahap. 

"Layanan publik lainnya pun harus siap beroperasi pada 2024. Oleh sebab itu, Banda Otorita harus mempersiapkannya mulai 2023," ujarnya.

BACA JUGA:Abad Banser

Bambang menambahkan, hanya 559 hari lagi waktu yang tersisa untuk memenuhi instruksi Presiden Joko Widodo agar bisa melakukan upacara Hari Kemerdekaan ke-79 RI di IKN Nusantara. 

“Hari ini adalah 559 hari hingga 17 Agustus 2024, setiap satu hari berkurang dan tidak ada tanggal merah bagi kami untuk melaksanakan amanah dari UU yang Bapak/Ibu punyai,” tuturnya.

Di sisi lain, Bambang mengungkapkan bahwa saat ini Otorita IKN telah mempunyai Badan Anggaran. 

Namun sayangnya, daftar isian pelaksanaan anggaran atau DIPA dari Kementerian Keuangan belum diterima.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: