Intip Fasilitas Rusun Sentra Terpadu Pangudi Luhur Bekasi untuk Eks Gelandangan dan Pengemis, Biaya Sewa Rp 10 Ribu per Bulan

Intip Fasilitas Rusun Sentra Terpadu Pangudi Luhur Bekasi untuk Eks Gelandangan dan Pengemis, Biaya Sewa Rp 10 Ribu per Bulan

Rusun Sentra Terpadu Pangudi Luhur Bekasi-Istimewa/fin-fin

JAKARTA, DISWAY.ID - Pemerintah telah membangun rumah susun (Rusun) Sentra Terpadu Pangudi Luhur Bekasi yang diperuntukkan bagi eks gelandangan dan pengemis.

Pembangunan rusun tersebut juga sesuai dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem.

Rusun tersebut dibangun atas kolaborasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Kementerian Sosial.

BACA JUGA:Ibu Brigadir J Ingin Putri Candrawathi Dihukum 20 Tahun Penjara

Pembangunan satu tower rusun yang dibangun di Sentra Terpadu Pangudi Luhur Bekasi tersebut memiliki ketinggian lima lantai tipe 24 sebanyak 93 unit dengan biaya sewa yang sangat terjangkau yakni Rp10 ribu per bulan.

“Pembangunan rusun ini merupakan hasil kolaborasi antara Kementerian PUPR dan Kemensos yang sangat baik dan perlu dilaksanakan sebagai solusi penanganan masalah sosial dan bagian penyelesaian masalah perumahan untuk masyarakat di sektor informal,” kata Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto dalam keterangannya, Senin 13 Februari 2023.

BACA JUGA:Korban Pengemudi Fortuner Minta Waktu Lakukan Perdamaian, Hukuman Pidana di Depan Mata

Lokasi pembangunan rusun tersebut berada di di Jalan H.M Joyomartono No. 19 Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi dan untuk kelengkapan meubelairnya dilaksanakan pada tahun anggaran 2022.

Rusun tersebut dibangun sebanyak satu tower setinggi  lima lantai dan memiliki hunian tipe 24 MBR khusus sebanyak 93 unit yakni 88 unit reguler dan 5 unit difabel dengan kapasitas hunian sebanyak 362 orang.

"Kami juga melengkapi rusun ini dengan meubelair yang terdiri dari meja, kursi, lemari, dan tempat tidur susun di setiap huniannya. Total nilai anggarannya sebesar Rp34,5 miliar," jelasnya. 

BACA JUGA:Fakta Baru! PT SAI Baru Bayar Upah Lembur Erma untuk Januari 2023, September - Desember 2022?

Kementerian PUPR saat ini juga sedang menyelesaikan pembangunan rusun serupa di Jakarta Timur dan Kota Solo. 

Dirinya juga berharap dukungan dari kementerian/ lembaga terkait serta pemerintah daerah guna mendukung pelaksanaan pembangunan Rusun untuk MBR tersebut. 

“Kami siap mendukung Kementerian Sosial untuk membantu MBR memiliki hunian layak dan terjangkau,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: