PPATK Deteksi Transaksi Aneh di Keuangan Rafael Alun Trisambodo, KPK : Ada Indikasi Profil Tidak Sesuai dengan Nilai Harta

PPATK Deteksi Transaksi Aneh di Keuangan Rafael Alun Trisambodo, KPK : Ada Indikasi Profil Tidak Sesuai dengan Nilai Harta

Rafael Alun Trisambodo-Facebook-

JAKARTA, DISWAY.ID - Pusat Laporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mendeteksi keanehan dalam transaksi keuangan Rafael Alun Trisambodo.

Hal ini diungkap Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD bahwa, ada laporan transaksi keuangan yang aneh dilakukan Rafael Alun Trisambodo. Laporan tersebut telah diserahkan ke KPK sejak 2012 lalu.

"Laporan kekayaan yang bersangkutan di PPATK itu sudah dikirimkan oleh PPATK sejak tahun 2012, tentang transaksi keuangannya yang agak aneh.Tetapi oleh KPK belum ditindaklanjuti. Jadi itu saja. Biar sekarang dibuka oleh KPK," kata Mahfud di Menara Peninsula, Slipi, Jakarta Barat, Jumat 24 Februari 2023.

BACA JUGA:Bapak Mario Dandy, Rafael Alun Trisambodo Mengundurkan Diri dari ASN Ditjen Pajak!

Senada dengan PPATK, Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) mengakui bahwa laporan harta kekayaan Rafael Alun Trisambodo tidak sesuai dengan profil. 

Sementara, KPK mengakui benar adanya kejanggalan keuangan Rafael Alun Trisambodo. KPK menemukan kejanggalan ini sejak 2020.

Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango mengatakan, KPK sudah mengirimkan surat ke Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan tentang kejanggal itu sejak 2020.

BACA JUGA:Harta Bapaknya Mario Dandy, Rafael Alun Trisambodo Tembus Rp 56 Miliar, Tak Ada Moge Harley dan Rubicon

"KPK sebenarnya pernah mengirimkan surat pada Januari 2020 ke Irjen Kementerian Keuangan mengenai indikasi ini. Ada indikasi profilnya tidak sesuai dengan nilai harta kekayaan dalam LHKPN,” kata Nawawi.” kata Nawawi, Jumat 24 Februari 2023.

Nawawi melanjutkan, telah memerintahkan Direktorat LHKPN untuk memeriksa kekayaan Rafael. Bila ditemukan indikasi perbuatan korupsi, kata dia, KPK akan melakukan penyelidikan.

"Tanpa bermaksud mendahului klarifikasi dan pemeriksaan, bila nanti ditemukan perbuatan korupsi, kami juga sudah meminta kepada Direktorat LHKPN untuk meneruskan temuan itu ke Direktorat Penyelidikan,” kata Nawawi.

BACA JUGA:Anaknya jadi Tersangka Penganiayaan, Pejabat Pajak Rafael Alun Trisambodo Minta Maaf

Adapun Rafael Alun Trisambodo menjadi sorotan. Rafael Alun Trisambodo adalah Kepala Bagian Umum Kanwil DJP Jaksel II. 

Rafael kemudian, mengundurkan diri dari jabatan dan status Aparatur Sipil Negara (ASN), Jumat 24 Februari 2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: