Gegara Mario, David Dikabarkan Alami Masalah Otak Diffuse Axonal Injury: Ini Penjelasan Risiko, Perawatan Hingga Pemulihan

Gegara Mario, David Dikabarkan Alami Masalah Otak Diffuse Axonal Injury: Ini Penjelasan Risiko, Perawatan Hingga Pemulihan

Potret Cristalino David Ozora sedang membaca buku berjudul "Ajaran-Ajaran Gus Dur". Kini David sedang dirawat lantaran mengalami koma di rumah sakit--Twitter/@seeksixsuck

Pada pemeriksaan makroskopis akan ditemukan gambaran hemoragik pada substansia alba, namun pada autopsi biasanya gambaran tersebut sudah menyusut dan meninggalkan gambaran lesi berwarna cokelat, selanjutnya pada kerusakan yang sudah lama dapat menyebabkan penyusutan volume otak. 

Ciri kerusakan pada DAI dibedakan menjadi tiga, yaitu kerusakan supratentorial difus pada akson (derajat I), lesi fokal di korpus kalosum (derajat II), dan lesi pada rostral batang otak (derajat III). 

BACA JUGA:Mengenal Sosok David, Bocah 3 Tahun yang Minta 'Disyahadatkan' Yaqut Cholil Qoumas untuk Memeluk Islam

Pada pemeriksaan mikroskopis tahap awal dapat muncul gambaran "axonal bulb" yang selanjutnya berubah menjadi gambaran aksonal negatif seiring berjalannya waktu.

Perawatan yang Dilakukan Bila Terkena Diffuse Axonal Injury

Perawatan DAI mirip dengan perawatan cedera kepala lainnya. 

Tujuan perawatan darurat adalah untuk menstabilkan kondisi penderita dan mencegah kerusakan otak yang semakin parah.

BACA JUGA:Agnes Gracia Haryanto Minta Namanya Dibersihkan, SMA Tarakanita Tegas Tak Mentolerir Tindak Perundungan

Biasanya, ini melibatkan memastikan bahwa jalan napas terbuka, memberikan ventilasi dan oksigen, menjaga tekanan darah. 

Setelah perawatan darurat, penderita  mungkin memerlukan obat-obatan dan pembedahan untuk membantu mengendalikan gejalanya. 

Mereka mungkin juga memerlukan rehabilitasi. Bergantung pada tingkat cederanya, mereka mungkin perlu mempelajari kembali banyak tugas sehari-hari, seperti cara berjalan dan berbicara.

BACA JUGA:'Rubicon Sakti', Mario Dandy Diduga Sempat Pakaikan Rubicon Pelat Nopol yang Sama dengan Mobil Land Cruiser: Emang Boleh Ya?

Pemulihan dari Diffuse Axonal Injury

Pakar kesehatan umumnya tidak mempertimbangkan prospek orang dengan DAI parah menjadi baik. Cedera otak traumatis atau TBI adalah penyebab utama kematian dan kecacatan permanen di seluruh dunia. 

Sebuah studi tahun 2020 juga menunjukkan bahwa luas dan lokasi DAI dapat membantu memprediksi individu yang berisiko mengalami degenerasi saraf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: