Tingkat Kesadaran David Ozora Membaik, Dokter: GCS Capai Angka 9 dari 15

Tingkat Kesadaran David Ozora Membaik, Dokter: GCS Capai Angka 9 dari 15

Dokter Konsultan Perawatan Intensif, Franz J.V Pangalila-Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Dokter Konsultan Perawatan Intensif, Franz J.V Pangalila mengabarkan jika tingkat kesadaran Cristalino David Ozora, korban penganiayaan anak mantan pejabat ditjen pajak, Mario Dandy Satrio mulai membaik. 

Hal tersebut terlihat dalam tingkatan alat Glasgow coma scale (GCS) untuk mengukur tingkat kesadaran seseorang. Alat tersebut menunjukkan tingkat GCS David berada di angka 8 hingga 9.

Angka tersebut hampir mencapai manusia pada umumnya yang menunjukkan angka 15.

BACA JUGA:Kondisi Terkini David Ozora Diungkap Dokter Spesialis Bedah Saraf

"Ya memang untuk kesadarannya itu ada perbaikan saya sampaikan saya mengatakan saya sebut saja ini sesuatu yang sangat umum. Pada saat dia masuk itu GCSnya gles itu sekitar empat ," kata Franz di RS Mayapada Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa, 28 Februari 2023.

"Orang seperti kita itu biasanya 15 dan sekarang ini sudah mencapai 8 hingga 9 trus itu merupakan perkembangan yang sangat signifikan dan ini terjadi pada waktu 4 sampai 5 hari," tambah dia.

Franz menyampaikan peningkatan kesadaran ini terjadi dalam waktu 4-5 hari setelah perawatan. Namun tim medis masih akan terus melakukan tindakan optimal untuk perawatan David.

"Ini terjadi dalam waktu 4-5 hari, tapi tetap kita terus lakukan tindakan optimal," tuturnya.

Franz pun mengabarkan jika saat ini David tidak lagi memakai ventilator. 

BACA JUGA:Said Aqil Sindir Rafael Alun Trisambodo: Kalau Uangnya Haram Anaknya Pasti Nakal

"Sudah dari 3 hari yang lalu, sudah spontan napas, waktu awal di rawat memang harus pakai ventilator," ujar dia. 

Kendati demikian, Ia belum bisa menyimpulkan terkait tingkat kesembuhan David. Namun, ia berharap kedepannya David akan lebih membaik. 

"Kita berharap kedepannya makin lebih membaik lagi, mau sampe kapan itu belum dapat kita pastikan ini yg sangat penting," tutupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: