Status AG Sebagai Pelaku, Bukan Tersangka, Bagaimana Penahanannya?

Status AG Sebagai Pelaku, Bukan Tersangka, Bagaimana Penahanannya?

Sidang Banding Agnes Gracia ditolak---Instagram

“Tentang ancaman maksimal nanti ahli pidana yang akan menyampaikan,” kilahnya.

Penetapan status terbaru itu menurut Hengki, berdasarkan sejumlah alat bukti yang memang mengarah kepada keterlibatan perempuan berumur 15 tahun tersebut.

Dalam kasus penganiayaan ini pun diketahui saat ini sudah menjadi tiga orang, yakni Mario Dandy Satriyo, Shane serta Agnes yang diketahui ikut berada dalam Rubicon saat akan menganiaya David.

"Ada aturan secara formil yang memang harus kami taati yaitu amanat dari undang-undang sistem peradilan anak. Kalau kami tidak melaksanakan kami salah," kata Hengki.

BACA JUGA:Isi Surat Pernyataan AG Mengundurkan Diri dari Tarakanita 1 Beredar, Buntut Mario Dandy Aniaya David Melebar: 'Mungkin Hanya Agnes'

BACA JUGA:Viral! Pengemudi Ojek Online Dipukul Hingga Lebam oleh Satpam Mall, Mall Podomoro City Digeruduk Ojol

Penanganan Khusus 

Pada kesempatan yang sama, Ahli Pidana Anak dari Kementerian PPA, Ahmad Sofian, menjelaskan soal penanganan khusus terhadap anak sebagai pelaku. 

Pertama yakni dilihat ancaman pidanannya. 

Jika kurang dari 7 tahun, akan diupayakan musyawarah.

"Pertama dilihat ancaman pidananya, apakah ancaman pidananya kurang dari 7 tahun atau tidak. Kalau kurang 7 tahun wajib diversi atau restorative justice. Apa itu? Ada pertemuan antara keluarga pelaku anak dengan keluarga korban untuk mencari musyawarah mufakat atau tidak," kata Sofian.

Jika keluarga korban memaafkan, sambung Sofian, maka pelaku anak akan dikembalikan ke orang tua atau lembaga sosial. "Jika saling memaafkan, status anak tersebut akan kemudian dialihkan ke sistem peradilan pidana dengan anak dikembalikan ke orangtua atau lembaga sosial," kata dia.

Akan tetapi, apabila ancaman hukumannya di atas 7 tahun, kata Sofian, maka bisa dilakukan restorative justice atau melanjutkan perkara.

BACA JUGA:Jepang Kembali Buka Portal Pariwisata, tiket.com Hadirkan Sederet Promo Menarik Hanya Dalam Satu Genggaman!

BACA JUGA:Pemilu Ditunda jadi 2025? SBY: 'Ada yang Aneh di Negeri Ini, Keluar dari Akal Sehat'

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: