Hasil Investigasi Kemenkeu: Sebagian Aset Rafael Alun Trisambodo Atas Nama Orang Tua hingga Teman

Hasil Investigasi Kemenkeu: Sebagian Aset Rafael Alun Trisambodo Atas Nama Orang Tua hingga Teman

Rafael Alun Trisambodo -disway.id-

JAKARTA, DISWAY.ID-Tiga tim Kementerian Keuangan telah mengusut harta milik mantan pejabat pajak Rafael Alun Trisambodo. 

Tigaa tim tersebut yaitu tim eksaminasi laporan harta kekayaan, tim penelusuran harta kekayaan yang belum dilaporkan, dan tim investigasi dugaan fraud.

Dari hasil investigasi yang dilakukan terhadap Rafael Alun Tri Sambodo, tim tersebut menemukan adanya aset-aset yang tercatat atas nama kerabat terdekat dari pejabat pajak tersebut. 

BACA JUGA:Terafiliasi Rafael Alun, 6 Perusahaan dan 1 Konsultan Pajak Akan Diperiksa Kemenkeu

BACA JUGA:Ada Temuan Janggal Pergerakan Uang Rp 300 Triliun di Kemenkeu Hari Ini, Mahfud MD : Itu Harus Dilacak

"Sebagian aset di atas namakan pihak terafiliasi, jadi pihak terafiliasi itu bisa orang tua, kakak adik, teman, seperti itu," ujar Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Awan Nurmawan Nuh dalam konferensi pers, Rabu 8 Maret 2023.

Awan mengatakan, dari hasil penelitian yang mendalam atas harta yang ada di media sosial baik itu video, foto, dan lain sebagainya, ditemukan beberapa harta yang belum didukung bukti kepemilikan.

"Dari hasil eksaminasi kita bahwa terdapat beberapa harta yang belum didukung oleh bukti yang atau bukti otentik kepemilikan," kata Awan.

BACA JUGA:Kemenkeu Resmi Pecat Rafael Alun Trisambodo dari ASN Ditjen Pajak!

Dari hasil investigasi, Rafael juga diketahui tidak patuh dalam membayar pajak. 

"Tidak patuh dalam pelaporan dan pembayaran pajak," ungkap dia.

Atas hal tersebut, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akhirnya resmi memecat Rafael Alun Trisambodo sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) institusi Direktorat Jenderal Pajak.

Inspektur Jenderal Kemenkeu, Awan Nurmawan Nuh mengatakan pencopotan status RAT ini dilakukan setelah Kemenkeu mendapati hasil pemeriksaan audit investigasi, terhadap harta kekayaan Rafael Alun Trisambodo.

"Dari hasil atau temuan bukti audit investigasi itu Itjen merekomendasikan untuk memecat saudara RAT, usulannya sudah disampaikan dan bu Menkeu sudah setuju," kata Awan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: