Waduh, Status Perlindungan Richard Eliezer Dicabut LPSK Gegara Wawancara Eksklusif, Ronny Talappesy Buka Suara!

Waduh, Status Perlindungan Richard Eliezer Dicabut LPSK Gegara Wawancara Eksklusif, Ronny Talappesy Buka Suara!

Pengacara Ronny Talapessy berikan pesan perpisahan untuk Bharada Richard Eliezer alias Bharada E--Instagram/@ronnytalapessy

JAKARTA, DISWAY.ID - Penasihat hukum Richard Eliezer, Ronny Talapessy mengatakan terdapat ego di balik keputusan dari Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) untuk mencabut perlindungan terhadap eks ajudan Ferdy Sambo itu.

Diketahui, Richard Eliezer menjadi salah satu terdakwa atas kasus pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat yang diotaki oleh mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo.

Richard Eliezer menjadi saksi kunci dalam kasus tersebut, lalu diberikan fasilitas sebagai Justice Collaborator (JC) oleh LPSK.

BACA JUGA:Bharada Richard Eliezer Mendadak Dipulangkan Lagi ke Rutan Bareskrim, LPSK Beberkan Hak Khusus

Sebagai JC, Richard Eliezer berperan sebagai saksi pelaku yang berkerja sama dengan penegak hukum dengan berani membongkar kasus pembunuhan berencana Brigadir Yosua.

Namun, LPSK resmi menghentikan dan mencabut JC dari Richard Eliezer buntut menjadi narasumber di acara yang diselenggarakan Kompas TV.

Menurut, Ronny Talapessy seharusnya persoalan wawancara antara Richard Eliezer dengan salah satu pihak televisi seharusnya bukan menjadi satu alasan dicabutnya perlindungan terhadap Bharada E.

Berdasarkan pandangannya ada ego sektoral yang seharusnya tidak perlu terjadi, jika mau menahan diri dan membangun komunikasi yang baik.

BACA JUGA:Kepindahan Bharada Richard Eliezer ke Lapas Salemba Diungkap Ditjen PAS, Singgung Rekomendasi LPSK

“Saya berpandangan, ada ego sektoral yang semestinya tidak perlu hadir apabila LPSK mau lebih menahan diri dan membangun komunikasi yang lebih efektif,” ujar Ronny.

Ia menambahkan, bahwa status perlindungan terhadap Richard Eliezer tidak perlu dihentikan atau harus mengorbankan hak-hak dari kliennya itu.

“Hal-hal seperti ini tidak perlu melibatkan Richard Eliezer, sampai harus mengorbankan hak-haknya dia,” tegas Ronny.

Ronny Menyayangkan tindakan LPSK yang menghentikan perlindungan terhadap Bharada E yang hanya melakukan wawancara kepada media.

BACA JUGA:Pesan Perpisahan Ronny Talapessy untuk Bharada Richard Eliezer: 'Tugas Saya Mengawalmu Selesai'

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: