Heboh Perlindungan Richard Eliezer Dicabut Gegara Wawancara Eksklusif, Ronny Talapessy Sebut LPSK Sudah Beri Izin

Heboh Perlindungan Richard Eliezer Dicabut Gegara Wawancara Eksklusif, Ronny Talapessy Sebut LPSK Sudah Beri Izin

Ronny Talapessy (kiri) -Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID -- Kuasa hukum Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E, Ronny Talapessy membantah jika kliennya tak melakukan wawancara TV tanpa seizin Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). 

"Tidak benar apa yang dikatakan LPSK bahwa Eliezer melanggar perjanjian poin tidak berhubungan dan memberikan komentar apapun secara langsung dan terbuka pada pihak manapun tanpa sepengetahuan atau persetujuan LPSK," kata Ronny saat jumpa pers di Jakarta Selatan, Jumat, 10 Maret 2023.

Politisi PDIP itu mengatakan pada sehari sebelum acara berlangsung pihaknya telah melayangkan surat ke beberapa pihak.

BACA JUGA:Waduh, Status Perlindungan Richard Eliezer Dicabut LPSK Gegara Wawancara Eksklusif, Ronny Talappesy Buka Suara!

"Karena sebelum diadakan wawancara H-1 sudah dikirimkan surat untuk mendapatkan perizinan kepada pihak yang berwenang, termasuk LPSK yang mendapatkan tembusan," sambungnya.

Ronny mengaku sudah menelepon salah seorang Wakil Ketua LPSK terkait rencana wawancara dengan salah satu stasiun televisi tersebut. Menurut Ronny, salah Wakil Ketua LPSK itu pun mempersilakannya dengan syarat Eliezer tidak keberatan.

"Semua prosedur sudah dijalankan oleh pihak media yang mewawancarai," ucap Ronny.

"Saya mendengar langsung saat menelepon dan LPSK sendiri bilang 'silakan, asalkan Eliezer setuju'. Kalau ada teknis koordinasi soal ini di intenal LPSK, saya kira ini tidak perlu sampai harus merugikan Eliezer," sambung Ronny.

BACA JUGA:2 Pimpinan LPSK Beda Pendapat Soal Pencabutan Perlindungan Bharada E

Bahkan, kata Ronny, orangtua Richard pun tidak merasa keberatan dan menyetujuinya. Sebab, tema dalam wawancara itu tentang nilai-nilai kehidupan, kejujuran, penyesalan atau pertobatan.

"Saya berpandangan ada nuansa ego sektoral yang semestinya tidak perlu hadir, jika LPSK mau lebih menahan diri dan membangun komunikasi yang lebih efektif," ucap Ronny.

Ronny pun menyesalkan dan menyayangkan keputusan LPSK yang menghentikan perlindungan terhadap Eliezer.

"Menurut saya, keputusan ini tidak cukup bijaksana dan merugikan terpenuhinya hak hukum Eliezer," kata Ronny.

BACA JUGA:Meski Perlindungan Dicabut, LPSK Pastikan Hak JC Bharada E Tidak Hilang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: