9 Amalan Sunnah Kala Berbuka Puasa, Salah Satunya Bukber Bersama Saudara atau Teman

9 Amalan Sunnah Kala Berbuka Puasa, Salah Satunya Bukber Bersama Saudara atau Teman

Ilsutrasi: Buka puasa bersama ternyata termasuk salah satu amalan sunnah yang pernah dilakukan Nabi Muhammad SAW.-Foto/Unsplash/Rachel Park-

اَ يَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الْفِطْرَ

“Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR. Bukhari no. 1957 dan Muslim no. 1098).

BACA JUGA:Ini 6 Cara Ampuh Redakan Sakit Gigi Saat Berpuasa, Tanpa Harus Minum Obat!

Dari hadits lain juga Nabi SAW pernah menyebutkan;

ا تَزَالُ أُمَّتِى عَلَى سُنَّتِى مَا لَمْ تَنْتَظِرْ بِفِطْرِهَا النُجُوْمَ

“Umatku akan senantiasa berada di atas sunnahku (ajaranku) selama tidak menunggu munculnya bintang untuk berbuka puasa.” (HR. Ibnu Hibban 8/277 dan Ibnu Khuzaimah 3/275, sanad shahih).

Seperti dilansir Disway.id dari Rumaysho, kebiasaan berbuka puasa sampai muncul bintang adalah perbuatan orang-orang Yahudi dan Nasrani.

Bahkan hal tersebut juga ditiru oleh Rafidhah (Syi’ah). Mereka baru berbuka ketika munculnya bintang. (Lihat Shifat Shoum Nabi, 63).

BACA JUGA:Jadwal Imsakiyah dan Puasa Ramadan 1444H/2023 di Jakarta dan Sekitarnya, Simak Selengkapnya di Sini!

Nabi kita shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka puasa sebelum menunaikan shalat Maghrib dan bukanlah menunggu hingga shalat Maghrib selesai dikerjakan. Inilah contoh dan akhlaq dari suri tauladan kita shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sebagaimana Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يُفْطِرُ عَلَى رُطَبَاتٍ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّىَ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ فَعَلَى تَمَرَاتٍ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasanya berbuka dengan rothb (kurma basah) sebelum menunaikan shalat. Jika tidak ada rothb, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering). Dan jika tidak ada yang demikian beliau berbuka dengan seteguk air.” (HR. Abu Daud no. 2356 dan Ahmad 3/164, hasan shahih).

BACA JUGA:Macet Jakarta Diperkirakan saat Puasa Terjadi Sore, Polisi Jelaskan Alasannya

2. Buka Puasa dengan Kurma

Sahabat Nabi Muhammad SAW, Anas bin Malik, sebagaimana hadits yang disebutkan di atas, melihat kebiasaan Nabi kala berbuka puasa dengan kurma.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: