Catat Ini, 5 Manfaat Kesehatan Vitamin B5 yang Sangat Berguna untuk Kehidupan Manusia

Catat Ini, 5 Manfaat Kesehatan Vitamin B5 yang Sangat Berguna untuk Kehidupan Manusia

Manfaat Konsumsi Vitmain B5---Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Vitamin B5, yang juga dikenal sebagai asam pantotenat merupakan vitamin yang larut dalam air yang penting untuk berfungsinya tubuh.

Diketahui vitamin B5 memainkan peran kunci dalam berbagai proses metabolisme, termasuk sintesis koenzim A (CoA) dan metabolisme protein, karbohidrat dan lemak.

Nah di artikel ini kami akan mengulik lebih jauh lagi tentang manfaat kesehatan dari Vitamin B5, serta sumber makanannya.

BACA JUGA:Intip Foto-foto Masa Muda Master Limbad yang Bikin Pangling, Nggak Sangar Sama Sekali!

Dilansir dari laman Sportskeeda, berikut 5 manfaat vitamin B5:

1 Meningkatkan kesehatan kulit

Ini memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan kulit. Ini adalah komponen kunci dari CoA, yang penting untuk produksi sel kulit. Aplikasi topikal asam pantotenat dapat membantu mengurangi jerawat dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

2 Meningkatkan energi

Vitamin B5 terlibat dalam produksi energi dari makanan. Ini membantu mengubah lemak, protein, dan karbohidrat dari makanan menjadi energi yang dapat digunakan tubuh. Itu membuat asam pantotenat penting untuk menjaga tingkat energi secara keseluruhan dan mencegah kelelahan.

BACA JUGA:Hati-hati, Kelebihan Vitamin C Bisa Menimbulkan Dampak Berbahaya Loh!

3 Mendukung kesehatan otak

Ini juga penting untuk kesehatan otak. Ini membantu mensintesis neurotransmiter seperti asetilkolin, yang penting untuk fungsi otak yang tepat. Suplementasi asam pantotenat dapat meningkatkan fungsi kognitif dan memori pada orang lanjut usia.

4 Mengurangi stres

Vitamin ini telah terbukti memiliki efek menenangkan pada tubuh dan dapat membantu mengurangi tingkat stres. Ini membantu mengatur produksi hormon stres seperti kortisol, yang dapat membahayakan kesehatan secara keseluruhan jika diproduksi secara berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: