Operasi Ketupat, Polri Terjunkan Ratusan Ribu Personel

Operasi Ketupat, Polri Terjunkan Ratusan Ribu Personel

Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho menjelaskan nantinya pihak yang terlibat dalam operasi Operasi Lilin juga akan melakukan pengamanan gereja saat natal hingga tempat-tempat wisata.-Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Ratusan ribu personel gabungan diterjunkan untuk pelaksanaan Operasi Ketupat 2023 jelang Lebaran 1444 H.

Kadiv Humas Polri, Irjen Sandi Nugroho mengatakan nantinya sebanyak 148.211 personel gabungan disiagakan terkait pengamanan Lebaran.

"Kita melakukan bersama-sama, agar operasi ini berjalan dengan aman, lancar dan tertib. Sesuai dengan tagline ‘Mudik Aman dan Berkesan," katanya kepada awak media.

BACA JUGA:Jokowi Ungkap Indonesia Bersaing Puluhan Negara Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20: Sangat Sulit, Butuh Perjuangan!

Dijelaskannya, personel tersebut terdiri dari 1.240 personel Mabes Polri, 91.153 personel seluruh Polda dan 55.818 personel TNI, Kementerian Lembaga dan Pemerintah Daerah (Pemda) beserta instansi terkait.

Disebutkannya, ratusan ribu personel itu dikerahkan lantaran prediksi jumlah pemudik yang meningkat pada Lebaran kali ini.

"Prediksi ada sekitar 123,8 juta orang yang akan merayakan lebaran 2023 di kampung halamannya. Jumlah tersebut meningkat 14,2 persen dibandingkan tahun 2022 sebanyak 85,5 juta jiwa," sebutnya.

"Alhamdulillah perekonomian kita bisa kembali pulih dan masyarakat bisa bersilaturahmi dengan sanak-keluarga di kampung halamannya,” ucapnya.

Sebelumnya, Puncak arus mudik lebaran Idul Fitri 2023 diprediksi terjadi 19 sampai 21 April mendatang.

Kadiv Humas Polri, Irjen Sandi Nugroho mengatakan polisi akan mengantisipasi terjadinya kemacetan di jalan tol, petugas akan memberlakukan sistem oneway.

BACA JUGA:Ada Diskon! Bayar PBB P-2 DKI Jakarta 2023 Sekarang Cukup Lewat Online

"Kami pihak kepolisian akan memberlakukan sistem oneway pada tanggal 18 April mulai dari KM 72 hingga KM 414. Karena puncak arus mudik akan terjadi pada H-2 dan H-1," katanya kepad awak media.

Selain itu, terkait puncak arus balik akan terjadi dua kali yakni pada 24 April sampai 25 April 2023 atau H+2 dan H+3 lebaran, dan 29 April hingga 1 Mei 2023.

"Nanti juga akan diberlakukan sistem oneway untuk arus balik, mulai dari KM 414 hingga KM 72," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: