Antisipasi Kepadatan di Merak, Polri Siapkan Pelabuhan Ciwandan untuk Angkut Kendaraan Truk dan Motor Pemudik

Antisipasi Kepadatan di Merak, Polri Siapkan Pelabuhan Ciwandan untuk Angkut Kendaraan Truk dan Motor Pemudik

LANGGANAN MACET: Menko PMK Muhadjir Effendi (tengah), Menhub Budi Karya Sumadi (kiri) dan Kapolri Jend. Listyo Sigit Prabowo dalam peninjauan Pelabuhan Merak, senin (10/4/2023). Pelabuhan Merak menjadi salah satu titik macet terparah pada mudik tahun lalu-Foto : Kementerian Perhubungan -

JAKARTA, DISWAY.ID -- Sejumlah cara disiapkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) untuk menghindari kepadatan kendaraan pemudik Lebaran 2023 yang akan melintas Pulau Jawa dan Sumatera melalui penyeberangan Merak-Bakauheni.

Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho mengatakan seluruh pihak terkait sepakat Pelabuhan Ciwandan akan dioperasikan bersama Pelabuhan Merak untuk mengangkut pemudik.

Sandi mengatakan nantinya Pelabuhan Ciwandan akan digunakan untuk mengangkut kendaraan roda dua atau motor dan truk.

BACA JUGA:Polri: 3 Korban Penusukan Teroris Asal Uzbekistan Masih Dirawat di ICU

BACA JUGA:Koalisi Besar Belum Deklarasi, Ace Hasan Golkar: Segala Sesuatu Ada Waktunya

"Untuk Pelabuhan Merak untuk kendaraan umum roda empat dan bus. Untuk Pelabuhan Ciwandan untuk truk dan sepeda motor," ujar Sandi kepada awak media, Jakarta, Kamis, 13 April 2023.

Jika arus lalu lintas ke arah Bakauheni masih padat, Pelabuhan Indah Kiat di Banten akan dipergunakan.

Sejauh ini pelabuhan tersebut sudah disiapkan sebagai cadangan.

"Dan bila penumpukan arus yang ke arah Bakauheni itu juga masih padat maka akan ada pelabuhan lainnya yang akan disiapkan untuk dicadangkan yaitu di pantai Indah Kiat yang di Banten," sebutnya.

BACA JUGA:Tetap Usung Ganjar Pranowo, Grace Natalie: Saat Ini Hasil Jejak Pendapat Atau Rembuk Rakyat Belum Berubah

BACA JUGA:Pertemuan Politik, PSI dan Partai Golkar Sepakat Lanjutkan Program Presiden Jokowi

Lebih lanjut, Sandi mengimbau kepada pemudik yang akan melintasi penyebrangan Bakauheni untuk membeli tiket secara online.

“Bila penumpukan arus yang ke arah Bakeuhuni itu juga masih padat maka akan ada pelabuhan lainnya yang akan disiapkan untuk dicadangkan yaitu di Pantai Indah Kiat yang di Banten. Di Indah Kiat susah disiapkan dan sudah disurvei oleh Bapak Kapolri,” tutur Sandi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: