Jadwal Pemberlakukan Ganjil Genap di Tol Saat Mudik Lebaran 2023 Diungkap Korlantas Polri: Bisa Diberlakukan Secara Mendadak

Jadwal Pemberlakukan Ganjil Genap di Tol Saat Mudik Lebaran 2023 Diungkap Korlantas Polri: Bisa Diberlakukan Secara Mendadak

Update jadwal dan 26 ruas jalan di DKI Jakarta yang ada aturan ganji-genap hari ini, Senin 22 Januari 2024.-ilustrasi-Ntmcpolri

JAKARTA, DISWAY.ID - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyiapkan skema ganjil genap untuk mengurai kemacetan saat Lebaran 2023.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi mengatakan skema ganjil genap bakal diberlakukan secara situasional. 

"Kita dalam SKB bersama ganjil genap ini saya katakan sebagai salah satu opsi untuk mengurangi kepadatan. Imbauan saya tadi, sangat situasional," ujarnya kepada wartawan, Selasa, 18 April 2023.

BACA JUGA:Panglima TNI Ungkap Status Operasi Siaga Tempur Hadapi KKB Papua

BACA JUGA:Status Dipo Mahendra Akan Jadi DPO, Polri: Langsung Ditetapkan Jika Mangkir Lagi

Firman mengatakan bahwa upaya rekayasa lalu lintas yang diberlakukan saat momentum hingga cuti Lebaran 2023 ini, dilakukan bukan dalam rangka penegakan hukum melainkan bentuk preventif dan pencegahan lonjakan arus kendaraan.

Meski bersifat situasional, Firman mengimbau para pemudik tetap menggunakan mobil dengan nomor polisi yang sesuai dengan tanggal.

Karena tak menutup kemungkinan skema ganjil genap akan diterapkan secara tiba-tiba.

BACA JUGA:Pengakuan OPM Papua Dibantah TNI, Prajurit Telah Kembali Dengan Sehat dan 9 Pucuk Senjata di Tangan TNI

BACA JUGA:125 Titik Rawan Kejahatan di Jalur Arteri Selama Mudik Lebaran 2023 Dijaga Kepolisian

"Jadi untuk mencegah macet, yang punya mobil genap ya berangkat genap aja deh, nanti siapa tahu Pak Eddy (Kabagops Korlantas Polri) tiba-tiba laporan ke saya pak sudah padat, oke ganjil genap hari ini apa genap. Nah sebaliknya juga begitu yang ganjil," kata dia.

"Penting mengatur kapan anda berangkat sesuai dengan pelat nomor anda, moga-moga tidak sampai ganjil genap, artinya semuanya bisa berjalan dengan baik itu tidak akan ganjil genap kita terapkan, pilihan terkahir," sambung Firman. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: