Penyebab Singa Cacat di Faunaland Ancol Karena Inses Terbantahkan, Aktivis Pecinta Hewan Ungkap Hal Mengejutkan

Penyebab Singa Cacat di Faunaland Ancol Karena Inses Terbantahkan, Aktivis Pecinta Hewan Ungkap Hal Mengejutkan

Penyebab Singa Cacat di Faunaland Ancol Karena Inses Terbantahkan, Aktivis Pecinta Hewan Ungkap Hal Mengejutkan-Andrew Tito-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Viral video di media sosial yang menampilkan video seekor singa putih dari Faunaland Ancol, terlihat lemas dan tidak bisa mengerakan kaki belakangannya hingga menjadi perhatian publik.

Dalam kasus viral tersebut sejumlah aktivis para pemerhati hewan kemudian mencoba datangi FaunaLand dengan melakukan inspeki mendadak (sidak).

BACA JUGA:Ini 4 Manfaat Transfusi Darah yang Wajib Diketahui, Ketahui Berbagai Risikonya

Pendiri Animal Hope Shelter, Christian Joshuapale mengatakan bahwa pihaknya melakukan sidak dan pemeriksaan langsung terhadap kondisi singa yang terlihat pincang tersebut.

"Tadi kami sudah ditunjukkan bahwa kedua induknya berasal dari dua negara yang berbeda dan membantah adanya dugaan inses (perkawinan sedarah). Cuma kami tidak ditunjukkan surat-surat resmi kepemilikannya," ujar Christian di Faunaland Ancol pada Sabtu 3 Juni 2023.

BACA JUGA:140 Relawan Jokowi Gelar Deklarasi Nasional, Dukung Ganjar Pranowo Jadi Bacapres

Sementara itu, Ketua Animal Defender Indonesia (ADI) Doni Herdaru yang juga ikut melakukan sidak mengatakan bahwa dugaan adanya inses dari induk singa bernama Thori itu terbantahkan.

"Jadi dugaan tentang hewan yang dimaksud alias singa bernama Thori sudah terpatahkan bahwa dia bukan dari hasil inses, sudah ditunjukkan silsilah kedua orang tuanya," jelasnya.

BACA JUGA:482 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabotabek saat Long Weekend Pekan Ini

Atas temuan tersebut, pihak Animal Defender Indonesia (ADI) mempertanyakan terkait dengan diet, umur hingga kondisi kesehatan singa Thori kepada pihak Faunaland Ancol.

"Jadi Thori ini mengalami satu kondisi hip dysplasia di mana umurnya masih muda umur 9 bulan, tapi kenapa bisa? Ini lah munculnya gangguan kesehatan hewan hewan yang memang unik seperti albino. Albino itu sendiri kita tahu bahwa cacat genetik," lanjutnya.

BACA JUGA:Mahfud MD Bantah Jokowi Anti Islam: Presiden Rajin Salat, Menterinya Puasa Senin-Kamis

Kemudian, Doni mengatakan jika pihak Faunaland juga telah melakukan sejumlah upaya agar Thori bisa pulih kondisi kesehatannya dengan melakukan terapi dan menjaga pola makanya, namun belum dilakukan upaya operasi.

"Lalu kami juga bertanya dietnya seperti apa? dietnya banyak didominasi oleh daging putih, daging ayam yang mana daging merah ini menjadi catatan menuju perbaikan ke depannya," tuturny.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: