Bikers Wajib Tahu! Begini Cara Bedakan Oli Palsu dengan Asli

Bikers Wajib Tahu! Begini Cara Bedakan Oli Palsu dengan Asli

Edward selaku kuasa hukum PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan tips untuk membedakan oli palsu dan asli-Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID - Bareskrim Polri menangkap lima tersangka anggota sindikat pemalsuan oli yang diproduksi di wilayah Gresik dan Sidoarjo, Jawa Timur. 

Pabrik ini telah beroperasi sejak 2020 silam dan memproduksi 312 ribu botol oli palsu setiap harinya yang diedarkan ke seluruh wilayah Indonesia dan bikers wajib tahu cara bedakan oli palsu dengan asli. 

Para tersangka menggunakan modus memproduksi oli tanpa melalui proses uji laboratorium.

BACA JUGA:Jadwal Pelunasan Biaya Ibadah Haji Kuota Tambahan Dibuka Kemenag

BACA JUGA:Rian Mahendra Angkat Bicara Ketidakhadiran Haji Haryanto di Peluncuran PO MTI: Singgung Privasi

Kemudian, oli dimasukkan ke dalam kemasan botol oli dengan merk ternama, di mana omset yang mereka dapatkan yaitu sebesar Rp 20 miliar per bulan. 

Untuk mengantisipasi pemakaian oli palsu, konsumen diharapkan dapat teliti sebelum membeli oli yang dijual di pasaran dan dapat bedakan oli palsu dengan asli.

Berikut tips identifikasi oli palsu dari Edward selaku kuasa hukum PT Astra Honda Motor (AHM):

BACA JUGA:Tanah Johnny G Plate Seluas 11.7 Hektar di Daerah Komodo Disita Kejagung

BACA JUGA:Pelangi Nakal

1. Perhatikan kemasan tutup botol

Edward mengatakan hal yang paling mudah untuk dapat membedakan botol oli palsu dan asli bisa dilihat dari kemasan tutup botol. Jika oli asli, kemasan pada tutup botol akan rapi hasil produksi pabrik. Namun kemasan oli palsu, biasanya akan meninggalkan bekas pernah dibuka atau digunakan.

2. Bentuk fisik botol

Bentuk fisik kemasan oli botol antara yang asli dan palsu juga berbeda. Jika botol oli palsu, biasanya memiliki tekstur yang lebih lunak dibandingkan botol oli asli produksi pabrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: