Alasan Idul Adha Ikuti Keputusan Makkah Diungkap Ustaz Felix Siauw: Haji Adalah Arafah dan Hanya Ada di Makkah

Alasan Idul Adha Ikuti Keputusan Makkah Diungkap Ustaz Felix Siauw: Haji Adalah Arafah dan Hanya Ada di Makkah

Ustaz Felix Siauw kembali sentil podcast Buya Arrazy dan Deddy Corbuzier--

JAKARTA, DISWAY.ID – Setelah adanya perbedaan perayaan Idul Fitri pada tahun ini, kembali penetapan Idul Adha juga terjadi perbedaan.

Arab Saudi menetapkan bahwa 1 Dzulhijjah Senin 19 Juni, sedangkan pemerintah Indonesia menetapkan pada Selasa 20 Juni 2023 berdasarkan medote hisap.

Dengan demikian Hari Raya Idul Adha di Indonesia jatuh pada tanggal Kamis 29 Juni 2023.

Akan tetapi alasan Idul Adha ikuti keputusan Makkah diungkap Ustaz Felix Siauw karena haji adalah Arafah dan hanya ada di Makkah.

BACA JUGA:Sebagian Pasukan Wagner Bergabung Dengan Rusia, Prigozhin: Kami Akan ke Belarusia

BACA JUGA:Putin Angkat Bicara Atas Pembelotan Wagner: Seperti Menikam dari Belakang

Ustaz Felix Siauw mengungkapkan jika ada perbedaan dalam menentukan Idul Fitri dengan Idul Adha, maka yang penentuan hari raya Idul Adha serta satu Dzulhijjah dilakukan oleh Ahlul Makkah atau penduduk kota Makkah.

Kenapa penduduk Mekkah, karena haji adalah Arafah, dalam salah satu hadis Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam mengatakan kepada kita Al Hajju Arafah sesungguhnya haji itu intinya adalah Arafah 

Kalau kita membahas tentang kata Arafah maka di dalam bahasa Arab ini termasuk kata yang berarti kata keterangan atau zaman dan makan

BACA JUGA:Ini 3 Langkah Serius Pemerintah Demi Tuntaskan Polemik Ponpes Al Zaytun

BACA JUGA:Indonesia Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U17 2023, Media Vietnam: Indonesia Kesayangan FIFA

Ini adalah sebuah kata keterangan tempat dan kata keterangan waktu yaitu harinya, waktunya adalah hari Arafah dan tempatnya pun di Arafah.

Artinya ketika Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam memberikan sebuah nasihat kepada kita bahwasanya haji itu adalah Arafah maka yang dimaksud adalah haji itu harus dilaksanakan di hari Arafah dan juga harus dilaksanakan tempatnya di Arafah.

Maka kalau kita pergi ke kota Mekkah lalu kita berkunjung ke tempat jamaah haji maka kita bisa melihat ada batas-batas Arafa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: