Alasan Idul Adha Ikuti Keputusan Makkah Diungkap Ustaz Felix Siauw: Haji Adalah Arafah dan Hanya Ada di Makkah

Alasan Idul Adha Ikuti Keputusan Makkah Diungkap Ustaz Felix Siauw: Haji Adalah Arafah dan Hanya Ada di Makkah

Ustaz Felix Siauw kembali sentil podcast Buya Arrazy dan Deddy Corbuzier--

Andaikan ada Haji ketika di hari Arafah, jika dia keluar daripada tanah Arafah maka hajinya tidaklah sah, apalagi kalau dia mendahului hari Arafah atau setelah hari Arafah tentunya juga hajinya tidak sah artinya.

BACA JUGA:Denda Pajak Kendaraan Dihapuskan, Catatan Program Pemutihan Untuk Wilayah DKI Jakarta

BACA JUGA:MU Ultimatum Chelsea, Jika Proposal Mason Mount Ditolak Ten Hag Minta Tikung Moises Caicedo!

Al Hajju Arafah artinya haji itu harus di hari Arafah dan harus tempatnya di Arafah 

Karena itulah Penentuan hari raya Idul Adha itu mengikuti Ahlul Makkah yaitu Arafah yang terletak di situ karena di situlah inti daripada ibadah haji 

Ketika ada perbedaan di menentukan hari raya Idul Fitri harusnya ini tidak terjadi dalam penentuan Idul Adha, hal tersebut dikarenakan ada banyak dalil-dalil yang menyampaikan kepada dan ulama-ulama sudah bersepakat bahwa penentuan Idul Adha itu tergantung penduduk kota Makkah.

Itu dikarenakan arafahnya ada di situ, karena itulah dari Ummul Mukminin Aisyah kita disampaikan bahwasanya penentuan hari raya hari Arafah itu ditentukan oleh Imam atau pemimpin pada saat khalifah dan penentuan 10 Dzulhijjah kapan Hari Raya Idul Adha.

BACA JUGA:Bulan Madu

BACA JUGA:Laporan Penistaan Agama Panji Gumilang di Tangan Polisi: Kami Akan Lakukan Penyelidikan

Hari Raya Idul Adha menurut Umul Mukminin adalah ketika imam menyembelih kurbannya yaitu khalifah menyembelih kurbannya.

Ini menandakan kepada kita sebuah penegasan kembali bahwasanya pemimpin yang ada di Kota Mekah khalifah yang waktu itu menyembelih di Kota Mekah yang kemudian diukuti haji di Kota Mekah.

Artinya Imam lah yang menentukan atau penduduk kota Mekah yang menentukan karena Arafah tidak ada di Indonesia, Arafah tidak ada di Malaysia, Arafah tidak ada di Turki dan Arafah tidak ada di Mesir.

Maka penentuan Idul Adha adalah berdasarkan Haji, masalahnya kalau ada perbedaan dalam penentuan Idul Adha maka akan membawa masalah-masalah lanjutan.

Misal Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam itu menyunahkan bagi orang-orang yang tidak berhaji untuk berpuasa ketika melihat jamaah haji itu wukuf di Arafah.

BACA JUGA:Marco Bezzecchi Juara Sprint Race MotoGP Belanda, Marc Marquez Cuma Jadi Penonton!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: