3 Buah Ini Dapat Menurunkan Kolesterol dengan Cepat

3 Buah Ini Dapat Menurunkan Kolesterol dengan Cepat

Buah-buahan yang dapat menurunkan kolestrol. -Alpukat dan Semangka/freepik-

JAKARTA, DISWAY.ID- Khawatir tentang tingkat kolesterol Anda karena terlalu banyak makan daging kurban selama Idul Adha? Beberapa buah-buahan tertentu dianggap dapat menurunkan kadar kolesterol, tetapi tidak perlu langsung mengonsumsi obat-obatan.

Dua jenis kolesterol adalah baik, atau High Density Lipoprotein (HDL), dan jahat, atau Low Density Lipoprotein (LDL). HDL membantu mengangkut LDL ke hati untuk diproses dan dibuang melalui kandung empedu atau urine.

Dalam kebanyakan kasus, kolesterol total tidak boleh melebihi 200 mg/dL karena dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah akibat penumpukan plak, yang menyebabkan komplikasi fatal lain seperti stroke dan gangguan jantung.

BACA JUGA:Jika Anda Penderita Kolestrol, Ini Cara Aman Konsumsi Daging Kambing Tanpa Efek Negatif

Faktor genetik yang dikenal sebagai Familial Hypercholesterolemia (FH) dapat menyebabkan kondisi ini. 

Tetapi gaya hidup yang tidak sehat, terutama konsumsi makanan yang tidak sehat, adalah penyebab utama kolesterol tinggi. Oleh karena itu, penting untuk menjaga keseimbangan nutrisi dengan makan makanan yang sehat.

BACA JUGA:Cara Membuat Semur Daging Kerbau, Menu Enak Rendah Kolestrol untuk Hari Raya

Nah, berikut adalah jenis buah-buahan penurun kolesterol paling cepat:

1. Alpukat

Selain untuk diet, alpukat juga diklaim sebagai buah penurun kolesterol paling ampuh loh. Pasalnya, buah ini memiliki lemak tak jenuh yang sangat baik untuk tubuh.

"Apa pun dengan alpukat akan memiliki rasio lemak tak jenuh tunggal versus tak jenuh ganda yang sangat baik," Emily Schmidt, RDN, ahli diet dari Mayo Clinic.

"Terlalu banyak hanya lemak tak jenuh ganda yang dapat menurunkan kolesterol baik (HDL) Anda juga," lanjutnya.

Meski bisa dimakan langsung, alpukat juga bisa dikonsumsi dengan campuran bahan lainnya, seperti menggunakan minyak alpukat dalam masakan, menjadikannya salad, hingga sandwich.

BACA JUGA:Deretan Makanan yang Dapat Turunkan Kolestrol, Patut Dicoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: