Cegah Polarisasi hingga Hoax di Pemilu 2024, Polri Akan Bentuk Satgas Nusantara

Cegah Polarisasi hingga Hoax di Pemilu 2024, Polri Akan Bentuk Satgas Nusantara

Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho angkat bicara soal keputusan penyidik yang belum juga menahan eks Ketua KPK, Firli Bahuri meski telah ditetapkan sebagai tersangka.-Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID-Kepolisian Republik Indonesia (Polri) berencana mengaktifkan kembali Satuan Tugas atau Satgas Nusantara untuk menghadapi Pemilu 2024.

Nantinya, Satgas itu bertujuan untuk mencegah terjadinya polarisasi hingga pemberantasan hoaks pada Pemilu 2024 mendatang.

Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho mengatakan rapat pembentukan Satgas Nusantara telah dilakukan. Saat ini hanya menunggu proses administrasi.

BACA JUGA:Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Harap TPS Ramah Disabilitas

"Administrasi untuk sprin (surat perintah) pelaksanaan Satgas Nusantara tersebut supaya bisa menjadi cooling sytstem dalam rangka persiapan Pemilu 2024," kata Sandi di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat 7 Juli 2023.

BACA JUGA:Putri Ariani Ingin Pemilu 2024 Disesuaikan untuk Penyandang Disabilitas

Kendati demikian, Sandi tak menjelaskan soal cara kerja satgas itu. Namun ia memastikan Satgas Nusantara bakal menggandeng seluruh stakeholder dalam mewujudkan pemilu damai.

"Polri akan menggandeng semua stakeholder terkait dan semua komponen masyarakat dalam rangka menciptakan pemilu damai untuk Indonesia lebih maju lagi," pungkasnya.

Sebagai informasi, Satgas Nusantara Polri sebelumnya pernah dibentuk dalam rangka mengamankan situasi negara saat Pilkada 2018 dan Pilpres 2019. 

BACA JUGA:Kasus Hoax Denny Indrayana Soal Sistem Pemilu 2024 Naik ke Tahap Penyidikan, Kabareskrim: Belum Ada Tersangka!

Adapun satgas ini pada saat itu dipimpin oleh Mantan Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: