Ulama yang juga Pebisnis Nigeria Ini Memiliki 77 Anak dan 199 Cucu Penghafal Al Quran

Ulama yang juga Pebisnis Nigeria Ini Memiliki 77 Anak dan 199 Cucu Penghafal Al Quran

Syeikh Dahiru Usman Bauchi Al Tijani-Facebook-

Syeikh Dahiru Bauchi al-Tijani memiliki garis keturunan yang mengesankan. Hal ini karena ia memiliki total 95 anak, 406 cucu, dan 100 cicit.

BACA JUGA:Daftar Ulama-ulama Wahabi yang Dipenjarakan Pangeran Mbs

Di antara keluarga besar ini, sebanyak 77 anak, 199 cucu, dan 12 cicitnya adalah seorang huffadz, artinya, dari total 600 orang semua keturunnya, separuh mereka adalah penghafal Al-Qur’an.  

“Beberapa anak saya sudah hafal Al-Qur’an sejak mereka berusia tujuh tahun bahkan sebelum mereka bisa menulis di papan tulis,” ujarnya.

“Ada empat anak saya yang sudah hafal Al-Qur’an di usia lima tahun, seperti salah satu anak saya di Kaduna. Mereka menghafal tapi tidak menghentikan mereka menulis di papan tulis ketika mereka besar nanti.”

“Namun, saya tidak tahu apakah di antara anak-anak saya ada yang menulis Al-Quran karena mereka sering pergi ke luar negeri untuk belajar di bidang agama dan ilmu sekuler lainnya.”

Semua anak, cucu, dan cicit menguasai pengetahuan tentang pendidikan Barat dan Arab. “Rekor Dunia ini diberikan untuk kearifannya yang fenomenal, superlatif, sensasional, langka, luar biasa, dan fantastis,” kutip DailyTrust, Nigeria

Ulama yang kini berusia 90-an ini menikah dengan putri ulama terkenal abad ke-20, Syeikh Ibrahim Niasse. 

Menurut online Hausa, istrinya yang sering dikutip adalah Sayyida Rahama Niasse. Dia menikah untuk pertama kalinya tahun 1948 ketika saat masih berusia 20 tahun. 

Syeikh Baba Laminu Niasse dari Kaolack, Senegal, meresmikan pernikahannya di Masjid Ibrahim Niasse, Senegal.

Menurut media Nigeria, opera.news, Syeikh Dahiru Bauchi al- al-Tijani adalah pemimpin tarekat At-Tijaniyah dan cendekiawan paling berpengaruh di Dunia Hausa-Fulani saat Ini.

“Saya Fulani melalui ibu dan ayah saya. Keempat kakek nenek saya adalah Fulani,” ujarnya dikutip BBC. 

“Nama ibuku Maryam putri Hardo Sulaiman. Nama ayahku Alhaji Usman putra Alhaji Adam.”

Keseharian Syeikh Dahiru Bauchi dikenal sebagai seorang pakar tafsir Al-Quran yang menginspirasi jutaan Muslim, khususnya dalam sejarah Afrika. Selain itu Ia juga menguasai bidang tafsir.

“Saya ahli di bidang itu. Saya memiliki pengetahuan dalam aspek-aspek lain dalam teologi Islam, seperti hadits, lugha (kosakata bahasa Arab), li’irabi (tata bahasa Arab), tasrifi (morfologi Arab), fikih (hukum Islam),” ungkapnya di sebua media lokal Nigeria.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: