Polda Kepri : Situasi di Pulau Rempang Sudah Kondusif

Polda Kepri : Situasi di Pulau Rempang Sudah Kondusif

Ketua Keramat, Gerisman bersama aparat terkait permasalahan Pulau Rempang di Kota Batam, Senin 18 September 2023-Instagram-

JAKARTA, DISWAY.ID-Polda Kepulauan Riau (Kepri) melaporkan bahwa situasi di Pulau Rempang sudah kondusif. Begitu juga kondisi masyarakat adat setempat, yang terbilang saat ini sudah mulai setuju kebijakan relokasi.

"Melalui tokoh-tokoh  masyarakat yang mendinginkan suasana, masyarakat akhirnya sudah setuju dengan hal itu. Sutuasinya sudah kondusif," kata Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Zahwani Pandra Arsyad, Selasa 19 September 2023. 

Ia mengatakan persetujuan ini dilakukan dengan cara dialog, dan diskusi yang dilakukan stakeholder terkait. Yaitu, dengan terjun ke lapangan beberapa waktu lalu.

BACA JUGA:Status Pulau Rempang Bukan Tanah Adat Diungkap Pakar Hukum Pertanahan, Pengamat Kebijakan Publik: Janji Kampanye Presiden 2019 Jadi Bumerang

"Setelah para pejabat datang, diskusi yang diberikan sangat berdampak sekali dengan pola komunikasi antarwarga. Itu patut kita syukuri," katanya, ,mengutip wawancara Pro3 RRI.

Jadi kedepannya, Pandra menyatakan sudah ada titik terang terkait hal ini. Bahkan, sudah ada imbauan dari sejumlah tokoh masyarakat agar tidak lagi ada unsur provokasi.

"Jadi ada win-win solution yang ditawarkan, dan masyarakat sudah kembali dengan aktivitas normal. Artinya akan direlokasikan tidak jauh dari kampung tersebut," kata Pandra lagi. 

BACA JUGA:Deretan Bisnis Tomy Winata, Pengusaha yang Disorot di Tengah Konflik Pulau Rempang

BACA JUGA:Panglima TNI Perintahkan Prajurit 'Piting' Demonstran Rempang, Kapuspen : Itu Artinya Merangkul

"Tinggal dicarikan dimana lokasinya, kemudian ada dua kemungkinan. Mereka tidak harus di rumah susun, tetapi mereka diberikan jaminan hidup yang lebih bagus berupa uang bagi yang mendaftar," ujarnya.

Sebelumnya, warga masih diliputi ketakutan karena aparat belum ditarik dari kampung-kampung mereka. Bahkan, banyak warga masih belum berani pergi mencari nafkah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: