Divonis Batang Otak Mati, Ini Kronologi Pasien Anak di RS Bekasi Usai Operasi Amandel Tidak Sadarkan Diri

Divonis Batang Otak Mati, Ini Kronologi Pasien Anak di RS Bekasi Usai Operasi Amandel Tidak Sadarkan Diri

Albert Francis menunjukkan kondisi anaknya yang tiba-tiba divonis Batang Otak Mati usai operasi amandel di RS Kartika Husada Jatiasih Bekasi, Rabu 27 September 2023-Instagram-

Kondisi-kondisi tersebut memberi tekanan pada otak, sehingga menyebabkan penurunan aliran darah serta kerusakan jaringan.

Selain itu, beberapa kondisi lainnya juga bisa menjadi penyebab dari mati otak, seperti:

Henti jantung

Henti jantung adalah hilangnya fungsi jantung secara tiba-tiba pada seseorang yang mungkin sudah atau belum pernah didiagnosis dengan penyakit jantung.

Hilangnya atau berhentinya fungsi jantung tersebut menyebabkan otak kekurangan oksigen sehingga brain death bisa terjadi.

Serangan jantung

Serangan jantung adalah kondisi ketika aliran darah ke jantung menjadi tersumbat.

Better Health Channel menyebut, kematian otak sering terjadi pada pasien serangan jantung yang meninggal beberapa saat setelah dipasang alat bantu untuk menunjang hidupnya. 

Stroke

Saat stroke terjadi, suplai darah ke otak tersumbat atau terganggu. Pada kondisi ini, kematian batang otak sangat mungkin terjadi.

Penggumpalan darah

Darah yang menggumpal di pembuluh darah juga bisa menjadi penyebab mati otak. Pasalnya, penyumbatan di pembuluh darah dapat mengganggu atau menghalangi alirah ke seluruh tubuh Anda, termasuk otak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: