50 Bandara Paling Terkoneksi di Dunia, Peringkat Soekarno-Hatta Masih Tertinggal dari Malaysia dan Thailand

50 Bandara Paling Terkoneksi di Dunia, Peringkat Soekarno-Hatta Masih Tertinggal dari Malaysia dan Thailand

Ilustrasi Bandara Soekarno-Hatta -yopi-

JAKARTA, DISWAY.ID - Prestasi membanggakan diraih Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten yang masuk daftar 50 megahub internasional berdasarkan laporan OAG Megahubs Index 2023

Megahubs merupakan lembaga data statistik bandara-bandara internasional yang memiliki koneksi penerbangan internasional paling tinggi. Berdasarkan laporan data OAG Megahubs Index 2023, tercatat ada dua bandara di Indonesia yang masuk dalam jajaran tersebut . 

BACA JUGA:Penyelundupan 174.000 Benih Lobster Rp 26,5 Miliar Dalam 4 Koper Digagalkan Petugas BC Soekarno-Hatta

BACA JUGA:Bandara Soekarno-Hatta Tersibuk Nomor 1 di ASEAN dan Ketiga se-Asia Pasifik Versi ACI

Dalam laporan Megahubs, Bandara Soekarno-Hatta menempati peringkat ke-19 dari total 50 bandara yang masuk megahub internasional.

Pencapaian ini tak seperti yang diraih dari sebelumnya dimana pada tahun 2019, Soekarno-Hatta menempati peringkat ke-16. 

OAG atau Official Airline Guide (OAG) sendiri adalah perusahaan penyedia data perjalanan global yang berbasis di Inggris.   

Berdasarkan paparan OAG, maskapai Batik Air merupakan maskapai dengan intensitas penerbangan paling sibuk di Bandara Soekarno-Hatta dengan persentase sebesar 21 persen. 

Metodologi dalam menyusun laporan OAG Megahubs Index 2023, OAG menganalisis data penerbangan 100 bandara terbesar di dunia untuk jadwal penerbangan internasional selama setahun terakhir September 2022 - Agustus 2023. 

BACA JUGA:Bea Cukai Soekarno-Hatta dan Bareskrim Polri Gagalkan Penyelundupan 140.000 Butir Ekstasi, Jaringan Indonesia – Brazil – Belanda

BACA JUGA:Pertama di Indonesia, Bandara Soekarno-Hatta Gelar Airport Run

Jika dibandingkan dengan bandara-bandara di kawasan Asia Tenggara, Bandara Soekarno Hatta berada di posisi keempat.

Dalam laporan OAG Megahubs Index 2023, Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia menempati peringkat 4 sebagai megahub internasional.

Kemudian, disusul oleh Bandara Internasional Suvarnabhumi, Thailand di posisi ke-11 dan Bandara Internasional Ninoy Aquino, Manila, Filipina pada peringkat ke-15.   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: oag megahubs index 2023