Israel Gunakan Fosfor Putih dalam Operasi Militer di Gaza dan Lebanon, Senjata Terlarang yang Bisa Membakar Manusia!

Israel Gunakan Fosfor Putih dalam Operasi Militer di Gaza dan Lebanon, Senjata Terlarang yang  Bisa Membakar Manusia!

Israel telah menggunakan fosfor putih dalam operasi militer di Gaza dan Lebanon---Venik4.com

JAKARTA, DISWAY.ID - Penggunaan fosfor putih oleh Israel dalam operasi militer di Gaza dan Lebanon menempatkan warga sipil pada risiko cedera serius dan jangka panjang.

Ada beberapa ledakan fosfor putih yang ditembakkan dari artileri di pelabuhan Kota Gaza serta dua lokasi pedesaan di sepanjang perbatasan Israel-Lebanon.

Fosfor putih merupakan bahan yang digunakan untuk keperluan penandaan, sinyal, dan pengaburan, namun juga digunakan sebagai senjata untuk membakar serta menghancurkan manusia dan benda lainnya.

BACA JUGA:Ayatollah Ali Khamenei Bantah Iran Ikut Terlibat dalam Serangan Hamas ke Israel

Efek dari penggunaan fosfor putih ini sangatlah dahsyat karena dapat membakar manusia, bangunan, ladang, bahkan objek sipil lainnya dengan parah di sekitarnya.

Penggunaan fosfor putih di Gaza, salah satu daerah dengan kepadatan penduduk tertinggi di dunia, menambah risiko bagi warga sipil serta melanggar larangan hukum internasional yang menekankan perlindungan terhadap warga sipil.

"Setiap kali fosfor putih digunakan di daerah yang padat penduduk, risiko luka bakar yang parah dan penderitaan seumur hidup akan muncul," ujar Lama Fakih, direktur Human Rights Watch untuk Timur Tengah dan Afrika Utara.

"Penggunaan fosfor putih tidak boleh dibenarkan jika ada ledakan yang terjadi di wilayah perkotaan yang padat penduduk, karena dapat membakar rumah-rumah dan merugikan warga sipil secara besar-besaran," tambahnya.

BACA JUGA:7 Masjid Hancur Akibat Serangan Udara Israel di Jalur Gaza

Harus ada kebijakan yang melindungi warga sipil pada saat konflik bersenjata.

Penggunaan senjata oleh pihak yang terlibat dalam konflik harus mematuhi aturan-aturan dalam hukum humaniter internasional yang menegaskan perlindungan terhadap warga sipil.

Israel seharusnya mengambil langkah-langkah penting untuk menghentikan penggunaan fosfor putih yang dapat membahayakan warga sipil.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Human Rights Watch, penggunaan fosfor putih juga memiliki dampak jangka panjang terhadap kesehatan warga sipil.

BACA JUGA:Rekomendasi 5 Tempat Wisata Religi di Palestina-Israel, Penuh dengan Sejarah Klasik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: