Ada 2 Kubu Massa, Pro dan Kontra Menunggu Keputusan MK Terkait Batasan Usia Capres Cawapres

Ada 2 Kubu Massa, Pro dan Kontra Menunggu Keputusan MK Terkait Batasan Usia Capres Cawapres

Ada 2 Kubu Massa, Pro dan Kontra Menunggu Keputusan MK Terkait Batasan Usia Capres Cawapres-Andrew Tito-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Terkait putusan kajian mengenai gugatan Mahkamah Konstitusi (MK) dalam soal batas usia minimal capres-cawapres menjadi 35 tahun membuat dua kubu massa melakukan aksi di Patung Kuda, Jakarta Pusat, Senin 16 Oktober 2023.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Susatyo Purnomo Condro, mengatakan hingga kini ada dua kelompok massa yang melakukan aksi itu ada yang mendukung dan menolak atas gugatan di MK.

BACA JUGA:Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Gedung MK Jelang Pembacaan Putusan Batasan Usia Capres-Cawapres

"Ya saat ini memang ada massa baik itu dari massa pro pemohon ataupun yang kontra dengan pemohon, saat ini sudah kita sekat agar tidak bergabung," ujar Susatyo dalam keterangannya di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Senin 16 Oktober 2023.

Susatyo mengatakan dari Kepolisian telah menerjunkan sebanyak 2000 personil untuk melakukan pengamanan aksi massa tersebut penutupan Jalan Medan Merdeka Barat sudah dilakukan sejak pagi tadi.

BACA JUGA:1.992 Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Pembacaan Putusan MK Terkait Batas Usia Capres-Cawapres Hari Ini

"Kekuatan yang tergelar pada hari ini sekitar 2.000 personil gabungan yang kita tempatkan, baik di objek utama di Mahkamah Konstitusi maupun yang ada di seputaran Patung Kuda ini yang menjadi pusat dari aksi," jelasnya.

Sudarto juga mengatakan steril massa juga dilakukan di sekitar gedung MK untuk menghindari HM hal yang tidak diinginkan.

"Sejak tadi pagi memang sudah kami lakukan penutupan di ruas Jalan Merdeka Barat untuk mengantisipasi massa maju ke dekat MK. Sementara Merdeka Barat masih steril dari masyarakat karena perwakilan dari pemohon semua juga sudah ada di ruangan untuk menyaksikan," tuturnya.

BACA JUGA:Jelang Putusan Batas Usia Capres dan Cawapres, PSI Hormati Putusan MK

Diketahui MK memutuskan gugatan UU 7/2017 tentang Pemilu soal batas usia capres dan cawapres pada hari ini, Senin 16 Oktober 2023.

Sementara massa aksi yang meminta MK tidak tolak kabulkan gugatan menggelar aksi di silang barat Monumen Nasional (Monas) dan membuat barisan menghadap ke arah Patung Kuda.

Serta membentangkan beberapa spanduk yang bertuliskan #MKHARUSNETRAL, #KAMIMUAK, #TOLAKDINASTIJOKOWI, dan #GANTIKETUAMK'.

BACA JUGA:Besok Pembacaan Putusan, Ini 7 Gugatan Uji Materil Usia Capres - Cawapres

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: