4.520 Pelajar dari Jakarta dan Banten Bersaing di SAC Indonesia 2023!

4.520 Pelajar dari Jakarta dan Banten Bersaing di SAC Indonesia 2023!

Keseruan perlombaan SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers-SAC Indonesia-sacindonesia.com

Sebanyak 4.520 pelajar dari Jakarta dan Banten, mewakili 360 sekolah, bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023, kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia. Gelaran ini menjadi ajang memperebutkan gelar juara pada 3-5 November 2023, dan berlangsung di Stadion Atletik Rawamangun, Jakarta, yang merupakan kunjungan kedua SAC Indonesia ke Ibu Kota.

Jumlah peserta SAC Indonesia tahun ini mengalami peningkatan signifikan dibandingkan musim sebelumnya, dengan lebih dari dua kali lipatnya. Pada SAC Indonesia 2022, sebanyak 2.689 siswa dari 239 sekolah ikut serta. Pertumbuhan ini mencerminkan sinergi yang kuat antara sekolah, guru, dan Pengprov PASI dalam mengembangkan olahraga atletik.

Ketua Pengprov PASI DKI Jakarta, Mustara Musa, menyambut baik animo peserta dan sekolah terhadap SAC Indonesia 2023. Ini sejalan dengan agenda PB PASI yang bertujuan untuk mencari bakat muda yang dapat dipersiapkan untuk bersaing di tingkat lebih tinggi.

"Kami mendukung penuh kejuaraan atletik pelajar SAC Indonesia Jakarta Banten Qualifiers. Kompetisi ini dapat membawa anak-anak merasakan pengalaman berkompetisi," ujar Mustara ketika diwawancarai oleh tim SAC Indonesia.

Mustara juga mengungkapkan harapannya agar SAC Indonesia terus diselenggarakan setidaknya empat tahun setelah musim pertama dimulai. Kompetisi seperti SAC Indonesia dianggap sebagai parameter bagi pelajar dan pelatih untuk meningkatkan performa.

"Tidak ada cara lain untuk memajukan pembinaan atletik selain dengan kompetisi. Kompetisi, selain memaksimalkan potensi diri, juga memacu anak-anak untuk kembali berlatih, terutama menghadapi kompetisi mendatang," jelas Mustara.

Dengan konsep kompetisi bertingkat yang dimiliki oleh SAC Indonesia, Mustara yakin akan ada regenerasi peserta. Ini memungkinkan penemuan bakat baru di kalangan pelajar. "Siswa yang telah lulus dari SMA tidak dapat ikut lagi. Kami pasti akan mendapatkan peserta baru lagi," tambahnya.

Baca Juga: Calista dari IGN Slamet Riyadi Pecah Rekor 100m di Jakarta Banten Qualifiers

Jakarta Banten Qualifiers merupakan salah satu bagian dari rangkaian Energen Champion SAC Indonesia 2023. Di samping wilayah tersebut, SAC Indonesia 2023 juga menggelar kompetisi di Sumatera, Jawa Barat, Bali Nusra, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kolaborasi antara PB PASI dan DBL Indonesia. Pada musim sebelumnya, kompetisi ini berhasil menggugah minat lebih dari 31 ribu pelajar dari lebih dari 2000 sekolah di seluruh Indonesia. Harapannya, SAC Indonesia 2023 akan terus menjadi platform bagi anak-anak Indonesia untuk aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 mengusung konsep kompetisi bertingkat, dimulai dari babak regional qualifiers dan berlanjut ke National Championship. Juara dari setiap babak kualifikasi regional, di tingkat SMA atau sederajat, akan berkompetisi di tingkat nasional dalam babak National Championship.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: