KPU Umumkan 2 Moderator Untuk Debat Capres-Cawapres Tahap Pertama

KPU Umumkan 2 Moderator Untuk Debat Capres-Cawapres Tahap Pertama

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilihan dan Partisipasi Masyarakat KPU, August Mellaz, kuota undangan untuk timses pasangan capres-cawapres yang di debat capres-cawapres tahap pertama bertambah jadi 75 orang.-Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyebutkan ada dua nama yang ditunjuk sebagai moderator untuk debat capres-cawapres tahap Pertama.

Adapun dua nama yang terpilih, yaitu Ardianto Wijaya Kusuma dan Valerina Daniel. Keduanya merupakan jurnalis dari stasiun televisi nasional, TVRI.

BACA JUGA:Ini Dia 11 Nama Panelis Debat Capres-Cawapres Tahap Pertama

"Kita sudah mendapatkan moderator untuk diskusi atau debat pertama capres-cawapres, yaitu Ardianto Wijaya dan Valerian Daniel," ujar Komisioner KPU RI, August Mellaz di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu, 9 Desember 2023.

Dua nama tersebut merupakan bagian dari usulan yang diterima oleh pihak KPU RI dan nantinya akan memandu jalannya acara debat capres-cawapres tahap pertama.

BACA JUGA:KPU Gak Mau Terjebak Diksi 'Sanggah-sanggahan' di Debat Capres 2024

Sebelumnya, hal senada juga disampaikan oleh Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari. Dia mengatakan bahwa moderator nantinya akan memandu jalannya acara debat capres-cawapres.

"Jadi moderator itu nanti yang akan memimpin atau memoderasi debat capres-cawapres itu," kata Hasyim Asy'ari, Rabu, 6 Desember 2023.

BACA JUGA:KPU Sebut Moderator Debat Capres-cawapres Bisa dari Kalangan Kreator Konten

"Masing-masing debat satu sampai debat kelima itu moderatornya ada dua orang, laki-laki dan perempuan. Ini sedang kita matangkan," sambungnya. 

Adapun kata Hasyim, yang menjadi pertimbangan dalam menunjuk moderator, yaitu harus bisa menguasasi isu tema sekaligus jalannya acara, mengingat akan berlangsung selama 120 menit.

BACA JUGA:KPU Bolehkan Tim Paslon Usulkan Nama Panelis Debat Capres-cawapres

"Tentu saja itu jadi bahan pertimbangan dan durasinya ketika moderator bertanya atau memperdalam, itu, kan, tidak mengurangi masing-masing porsi tadi, capres maupun cawapres ketika menjawab," tandasnya.

Diketahui, Ardianto Wijaya sendiri pertama kali terjun ke TVRI, yaitu sejak tahun 2012. Di ditunjuk sebagai pewara berita untuk TVRI Jawa Barat selama 4 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: