Kulit Sayur Sebaiknya Dikupas Dulu atau Tidak Juga Boleh? Begini Penjelasan Ilmiahnya

Kulit Sayur Sebaiknya Dikupas Dulu atau Tidak Juga Boleh? Begini Penjelasan Ilmiahnya

Pentingnya Mengupas Kulit Sayur Sebelum Dimakan-stockking-Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Kulit sayuran yang dapat dimakan sering kali tidak mendapat perhatian yang layak, namun bergizi dan beraroma.

Ambil kulit kentang, misalnya; mereka kaya akan serat dan nutrisi penting. Demikian pula, kulit mentimun dan apel meningkatkan tekstur masakan sekaligus memberikan nutrisi tambahan.

Kulit wortel dan zucchini menghadirkan percikan warna cerah dan kerenyahan yang nikmat pada berbagai resep.

BACA JUGA:Ternyata Memang Fakta Sayur Wortel Bisa Meningkatkan Pengelihatan Mata 10 Kali Lipat

Sebaliknya, kulit sayur tertentu tidak layak dikonsumsi. Ini termasuk daun luar kubis yang keras dan kulit labu butternut yang tebal. Biasanya, kulit yang tidak bisa dimakan ini dibuang begitu saja.

Akan tetapi hal tersebut dapat digunakan kembali secara efektif; membuat kompos atau menggunakannya untuk membuat kaldu sayuran adalah metode yang sangat baik untuk meminimalkan sisa makanan.

Maka dari itu, baik kulit sayur yang dapat dimakan maupun yang tidak dapat dimakan memiliki peran penting dalam bidang memasak, nutrisi, dan kelestarian lingkungan.

Melansir dari laman Sportskeeda, berikut sayuran yang boleh dimakan tanpa dikupas dan mana yang tidak boleh

BACA JUGA:5 Buah Aneh yang Sebenarnya Adalah Sayuran!

Kulit sayur yang bisa dimakan:


6 Jenis Sayuran yang Bagus Dikonsumsi Saat Pagi Hari-Jillwellington-Pixabay

- Kulit Kentang: Kulit kentang merupakan sumber serat makanan yang berharga dan kaya akan vitamin, terutama vitamin C. Kulit kentang juga menawarkan mineral seperti potasium dan kaya akan antioksidan. Karakteristik ini menjadikannya bermanfaat untuk pencernaan.

- Kulit Wortel: Kulit wortel kaya akan serat dan antioksidan, serta vitamin C. Kulit wortel tidak hanya menambah kerenyahan dan warna cerah pada masakan, tetapi juga menjaga nutrisi sayuran.

- Kulit Mentimun: Kulit mentimun menyumbang serat makanan, vitamin esensial seperti vitamin K, dan berbagai mineral. Dimasukkannya mereka ke dalam salad adalah hal biasa karena tekstur yang diberikannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: